13 Budaya Indonesia yang Diakui Oleh Negara Lain, Ayo Lestarikan Kembali!

151

Indonesia terkenal dengan keindahan negara dan keragaman budaya yang dimilikinya. Negara yang merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia ini memiliki beragam kekayaan diantaranya adalah kesenian, makanan khas, ikon daerah, dan senjata tradisional. Kekayaan tersebut telah diakui dan disahkan oleh UNESCO, namun negara lain pernah mengklaim beberapa kebudayaan Indonesia tersebut menjadi milik negaranya. Budaya apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

1. Wayang Kulit

Kesenian wayang kulit merupakan kesenian khas Jawa yang telah diresmikan UNESCO sebagai bagian dari budaya Indonesia pada tahun 2003. Namun, kesenian asli Indonesia ini sempat dikalim Malaysia sebagai miliki negaranya.

2. Batik

Pada tahun 2006, Adidas sempat menggunakan motif batik sebagai desain produknya. Hal ini sempat menjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat karena Adidas menggunakannya sebagai tujuan komersil.

3. Kerajinan Perak Bali

Kerajinan perak Bali yang didesain oleh Desak Suwarti yang berasal dari Desa Celuk, Gianyar ini sempat diklaim oleh Amerika Serikat. Parahnya lagi, Amerika melayangkan tuduhan atas pelanggaran Trade Related Intellectual Property Rights.

4. Tari Tor Tor

Tari Tor-tor merupakan kebudayaan tanah Batak yang sudah ada semenjak 500 tahun yang lalu ini sempat diklaim Malaysia sebagai miliki negaranya. Hal ini bermula dari pemberitaan Malaysia yang akan mendaftarkan tari Tor-tor sebagai peninggalan Nasional Malaysia pada 2012.

5. Tari Pendet

Merupakan tarian khas Bali yang pernah menjadi pengisi acara parawisata Malaysia pada tahun 2009. Hal tersebut diklaim oleh pemerintah Indonesia kepada Discover Channel yang merupakan stasiun televisi yang menayangkan acara tersebut.

6. Kuda Lumping

Warisan kebudayaann Jawa ini merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang pernah diklaim negara Malaysia. Hal ini dikarenakan kebudayaan tersebut diajarkan oleh orang Indonesia yang tinggal di Malaysia sehingga Malaysia menganggap kebudayaan tersebut merupakan kebudayaannya.

7. Lagu Rasa Sayange

Pada tahun 2007, Malaysia mengklaim lagu yang berasal dari Ambon ini sebagai kebudayaannya. Menanggapi hal tersebut, pemerintah Maluku menentangnya dengan mengumpulkan bukti-bukti yang sangat otentik. Namun, hingga saat ini lagu tersebut masih menjadi lagu bersama.

8. Gamelan Jawa

Kesenian khas Jawa yang terdiri dari berbagai alat musik ini pernah diklaim Malaysia sebagai kebudayaannya melalui situs warisan.gov.my dikarenakan jenis gamelan Jawa sama persis dengan gamelan yang dimiliki Malaysia.

9. Angklung

Merupakan alat musik khas Jawa Barat yang pernah diklaim Malaysia sebagai kebudayaan miliknya melalui situs kenegaraannya. Tidak terima dengan hal itu, Indonesia merebut kembali apa yang menjadi haknya melalui pengesahan oleh UNESCO pada tahun 2010.

10. Keris

Merupakan salah satu peninggalan bersejarah kerajaan Majapahit ini pernah diklaim Malaysia sebagai miliknya. Namun, dengan bukti-bukti sejarah yang ada, Indonesia mampu mempertahankan apa yang menjadi haknya.

11. Badik Tumbuk Lada

Senjata khas tanah Melayu ini merupakan salah satu kebudayaan yang sempat diklaim Malaysia melalui situs negaranya.

12. Kopi Gayo

Sesuai dengan namanya, kopi Gayo merupakan jenis kopi Arabica yang menjadi ikon kopi di Aceh ini sempat diklaim milik Belanda karena pernah diproduksi oleh perusahaan asal Belanda.

13. Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan kopi yang berasal dari tanah Toraja ini pernah diklaim milik negara Jepang. Pemerintah Indonesia bergerak dengan cepat menanggapi masalah ini dengan melakukan sertifikasi terhadap produk kopi yang dijuluki Queen of Coffee.

Tidak seharusnya negara lain mengklaim kebudayaan Indonesia, tetapi tidak ada yang perlu disalahkan. Sebagai warga negara yang baik sepatutnya kita menjaga dan melestarikan kebudayaan negeri sendiri agar kejahatan seperti ini dapat teratasi dan tidak terjadi di kemudian hari.