Buat Para Pedagang, Ini Tips Supaya Keuangan Lancar!

76

Para pedagang biasanya mendapatkan uang yang cukup banyak setiap harinya setelah melakukan perdagangan. Namun, harus diingat bahwa uang yang diterima itu termasuk uang modal yang ada didalamnya. Memang sebagai pedagang kita tidak bisa memprediksi berap pemasukan yang akan diterima setiap bulannya, tidak seperti karyawan yang memang mendapatkan gaji setiap bulan, pendapatan pedagang memang bisa naik dan turun tanpa terduga.

Karena ketidakpastian pemasukan ini tentunya sebagai pedagang, kita harus pandai pandai mengelola keuangan kita. Bagaimana cara yang benar dan tepat untuk mengelola keuangan pedagang mari kita simak artikel ini sampai habis.

  1. Pisahkan Uang Pribadi dan Uang Dagang

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh seorang pedagang ialah memisahkan antara uang pribadi dan uang penjualan. Ketika kita mendapatkan uang dari hasil penjualan jangan kita gunakan uang itu untuk kebutuhan pribadi sebelum kita pisahkan mana modal usaha kita dan mana keuntungan yang bisa kita gunakan untuk keperluan pribadi. Jangan sampai uang modal usaha dan pribadi tercampur karena itu akan membuat keuangan usaha kita terganggu.

  1. Catat Segala Pengeluaran dan Pemasukan dengan Rapi

Sebagai seorang pedagang tentunya sangat penting bagi kita untuk mencatat segala pengeluaran dan pemasukan yang berlangsung di dalam bisnis yang kita jalani. Jangan lupa untuk mencatat semua pemasukan dengan rapid an rinci. Jika perlu, anda bisa menggunakan aplikasi maupun software untuk mencatata cashflow anda.

  1. Perbanyak Barang Dagangan

Ketika kita sedang merintis usaha kita jangan terlalu berburu buru untuk mengkonversikan keuntungan dari usaha kita ke dalam berbagai aset. Lebih baik, kita kembangkan dulu usaha kita dengan memperbanyak barang dagangan. Dengan ini kita akan melakukan ekspansi usaha kita sehingga keuntungan kita bisa lebih bertambah.

4. Jangan Menumpuk Piutang

Hal yang utama dalam melakukan bisnis dan dagang ialah perputaran uang. Jangan sampai perputaran uang kita mandet dan membuat usaha kita menjadi  terganggu. Untuk itu kita jangan sampai menumpuk piutang dan membiarkan orang lain melakukan utang terlalu banyak kepada kita.

5. Buat Rencana Keuangan

Sebaik baiknya cara untuk mengatur keuangan ialah dengan membuat rencana keuangan. Hal ini dilakukan agar segala pengeluaran tetap pada jalur yang sudah ditetapkan. Kita juga harus memberkan berapa porsi yang akan dikeluarkan pada setiap pos pengeluaran.

6. Lakukan Pengawasan Terhadap Aliran Kas

Pengawasan merupakan hal yang perlu dilakukan dalam mengatur keuangan perusahaan. Jangan sampai kita kehilangan kontrol sehingga menganggu aktivitas perdagangan anda dan menganggu keuangan anda. Jangan sampai keuangan anda menjadi tidak balance dan anda bingung kemana uang anda pergi.

7. Jangan Hanya Berfokus pada Keuntungan

Memang tujuan melakukan bisnis ialah untuk memperoleh keuntungan sebanyak banyaknya, memang kita harus mengetahui bagaimana strategi yang tepat agar perusahaan kita tetap berjalan dan tidak gulung tikar. Namun, ada banyak sekali hal hal lain selain berfokus pada keuntungan. Mulai dari relasi bisnis, persediaan barang, pinjam meminjmam uang dan banyak lainnya. Jangan sampai kita melupakan hal hal penting ini yang akan membuat usaha kita jalan ditempat.

8. Lakukan Sedekah

Ingatlah bahwa dalam setiap rezeki yang kita terima selalu ada hak orang lain. Jangan hanya kita berfokus pada keuntungan kita jadi lupa dengan sesama. Sisihkanlah secara rutin keuntungan dari penjualan kita untuk membantu sesama.

Itulah 8 cara yang anda harus lakukan sebagai pedagang. Dengan cara ini dijamin keuangan anda akan lancar.