BPS Ramaikan Tagar #MencatatIndonesia untuk Sensus Penduduk (SP) 2020

25

Tahun 2020 kurang dari sebulan lagi. Setiap orang mulai merancang rencana yang akan dilakukan di tahun mendatang tak terkecuali Pemerintah Republik Indonesia. Pemerintah tidak mau ketinggalan dengan agenda-agenda besar yang akan dilakukan di tahun depan, salah satunya adalah Sensus Penduduk (SP) 2020.

Hajat besar bagi Indonesia untuk mengumpulkan data kependudukan Indonesia di bawah Badan Pusat Statistik (BPS). Sensus Penduduk 2020 dengan tagline #MencatatIndonesia mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam pengumpulan data yang dilakukan sepuluh tahun sekali di tahun berakhiran “0”. Tapi tahukah kamu apa itu sensus penduduk dan mengapa kamu harus berpartisipasi?

Sensus Penduduk adalah pencatatan yang dilakukan secara lengkap pada setiap penduduk. Tujuan dari sensus ini yang utama adalah mengetahui jumlah penduduk di Indonesia yang akan digunakan sebagai bahan merancang kebijakan dan mengevaluasi program-program pemerintah. Sudah terbayang bagaimana jadinya kalau kamu tidak berpartisipasi?

Sensus Penduduk tidak hanya sekedar mencatat jumlah tetapi juga menanyakan beberapa pertanyaan yang nantinya penduduk akan diklasifikasi kategori. Mulai dari jenis kelamin, pendidikan, status pernikahan, hingga pekerjaan. Hal ini akan membantu perancangan program dan target baik jangka pendek, menengah maupun panjang.

Bagaimana Sensus Penduduk 2020 yang akan dilakukan?

Penduduk yang dicatat dalam SP2020 ini adalah penduduk yang secara administratif tinggal di wilayah tersebut. Untuk SP kali ini BPS memanfaatkan data yang dimiliki Dukcapil dan dilakukan dengan combine method serta terdapat beberapa perubahan dalam konsep definisi maupun metodenya. Selain itu pengumpulan data dilakukan secara online dan konvensional.

Sensus Penduduk Online dilakukan bulan Februari-Maret 2020 dimana setiap penduduk mengisi kuesioner sendiri lewat web yang sudah disediakan. Namun, sensus online ini hanya dilakukan di beberapa wilayah mengingat perlunya koneksi internet yang belum tersedia di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan untuk wilayah yang tidak terjangkau nantinya tetap dilakukan Sensus Penduduk secara konvensional dimana petugas akan datang ke rumah-rumah penduduk dan mencatat informasi dari penduduk tersebut.

Untuk lebih lengkapnya kalian bisa cek ke laman www.bps.go.id. Yuk jadi bagian menyukseskan Sensus Penduduk 2020. SP2020 #MencatatIndonesia.