Bolehkah Selfie di Pemakaman BJ Habibie?

22
selfie di pemakaman

11 September lalu, presiden ketiga Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang akrab disapa BJ Habibie menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) dikarenakan sakit.

BJ Habibie dimakamkan tepat di sebelah pusara istrinya, Hasri Ainun Besarie yang lebih dulu meninggal tahun 2010 lalu. Sebelum meninggal dunia beliau juga sudah berpesan untuk dimakamkan di tempat yang sama bersebelahan dengan makam mendiang istrinya yang lokasinya berada di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Duka cita meninggalnya Habibie masih dirasakan oleh warga Indonesia. Setiap harinya banyak warga yang datang untuk memberikan penghormatan dengan berziarah dan mendoakan beliau di pusaranya langsung. Selain itu beberapa warga ada juga yang berswafoto atau selfie di tempat makam BJ Habibie.

Kira-kira apa ya komentar warga tentang adanya swafoto atau selfie di makam BJ Habibie? Berikut ulasannya.

Dari pihak keluarga sendiri mengatakan hal itu tidak mengapa, karena mereka juga datang untuk memberikan penghormatan, memberikan doa, dan juga mengirimkan doa secara langsung untuk beliau (BJ Habibi).

Ilham Habibie, selaku anak sulung dari BJ Habibie juga mengatakan “Ini kan tempat umum ya, selama ini tidak melihat gejala, misalnya mohon maaf ya kasarnya vandalisme, saya kira tidak. Jadi selama ini masih sesuai dengan norma dan peraturan yang berlaku tidak mengapa”

Ilham juga mengatakan tidak perlu ada pengamanan khusus untuk menjaga makam ayahnya tersebut. Tetapi dia menyerahkan ke pihak berwenang jika memang perlu ada pengamanan tambahan.

“Jadi saya tidak memberikan pengamanan khusus, tapi kita lihat perkembangannya ya, tapi saya serahkan otoritas kepada yang berwenang disini” tambahnya

Pengunjung makam sendiri banyak yang mengaku mengidolakan sosok bapak teknologi dan pionir dirgantara Indonesia. “Saya baru pertama kali datang kesini (TMP Kalibata). Saya sangat mengidolakan pak Habibie, makanya saya datang untuk berziarah sekaligus membacakan doa”, ujar salah satu pengunjung makam yang datang berziarah.

Petugas TMP Kalibata sendiri mencatat pengunjung makam setiap harinya terus naik, dari jumlah pengunjung 150 orang sampai 700 orang per harinya. Mereka yang datang biasanya mengunjungi makam BJ Habibie, makam Ainun Habibie (istri BJ Habibie), Ani Yudhoyono (istri Susilo Bambang Yudhoyono), Bustanul Arifin yang pernah menjabat menjadi salah satu menteri di Orde Baru, dan juga makam pahlawan revolusi yang lain.