BMKG Prediksi Jabodetabek Dilanda Angin Kencang dan Hujan Deras

13

Jumat, 08 November 2019, pihak BMKG memperkirakan kawasan Jakarta dan area sekitarnya akan dilanda hujan lebat serta angin kencang. Kawasan yang diprediksi mengalami peristiwa ini ialah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

Tak hanya di pulau Jawa saja, pasalnya potensi tersebut juga terjadi di Pulau Sumatera yakni Aceh, Papua dan Jambi. Namun ada juga daerah yang berpotensi terjadinya hujan lebat saja tak berpotensi angin kencang diprediksi terjadi di Sumatera Utara, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Riau.

Hasil pantauan BMKG (Badan Meteorologi dan Geofisika) mengatakan bahwa hujan lebat ini dipicu oleh adanya massa udara basah di lapisan rendah.

Dimana massa basah tersebut sudah terkonsentrasi dominannya di wilayah Sumatera, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Papua serta Papua Barat. Selain itu, juga ada catatan BMKG mengenai belokan angin yang terjadi di sejumlah wilayah bagian barat, timur hingga utara Indonesia.

Bagian Hubungan Masyarakat Biro Hukum dan Organisasi pada hari Kamis, 07 November 2019 juga memberikan keterangan yang bahwasanya ada belokan angin yang terjadi di wilayah Sumatera bagian tengah dan utara. Juga terjadi di Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, Timur dan Kalimantan Tengah, Maluku, Papua serta Papua Barat.

Tidak hanya hujan lebat saja namun pihak BMKG juga mengingatkan mengenai potensi gelombang air laut yang tinggi mulai dari 1,25 m sampai ketinggian 4 meter. Setelah dipantau dan didapatkan hasilnya, BMKG memprediksi gelombang tinggi akan terjadi mulai tanggal 08 hingga 10 November mendatang.

Penyebab gelombang karena adanya Tropical Storm NAKRI 990 hPa. Yaitu suatu badai yang  dialami Laut Cina Selatan, sekitaran bagian Barat Filipina ataupun sekitar wilayah perairan Indonesia bagian utara. Sehingga diharapkan agar masyarakat yang tinggal di sekitar pantai agar waspada.

Selanjutnya gelombang yang tingginya 1,25 m sampai 2,50 m ini juga akan melanda perairan bagian utara Sabang, perairan Aceh bagian barat hingga perairan barat sekitaran pulau Simeulu. Juga mencapai hingga perairan Bengkulu, Kepulauan Mentawai, perairan Lampung bagian barat dan Kepulauan Enggano serta Selat Sunda Selatan, Samudera Hindia Jawa dan Samudera Hindia Barat Sumatera.

Perkiraannya juga akan melanda perairan selatan di Pulau Jawa sampai Pulau Sumba, Selat Sumba Barat, Perairan Pulau Sawu bagian Selatan dan Laut Sawu, perairan selatan Pulau Rotte, perairan Manokwari hingga perairan barat Biak.