Blue Whale, Permainan Bunuh Diri Lewat Sosial Media yang Viral

27
Blue Whale Game
Seniman pasir Sudarshan Patnaik membuat patung pasir tentag permainan Blue Whale untuk meningkatkan kesadaran publik. (Image Source: STR/NurPhoto via Getty Images)

Bermain sosial media bisa membuat kamu bunuh diri ? mungkin hal tersebut terdengar seperti lelucon tetapi hal tersebut memang terjadi dan sudah menyebabkan 130 kematian anak muda di Rusia.

Adalah Blue Whale, permainan mengerikan yang beredar di sosial media seperti VKontakte, Facebook,Instagram dan Twitter yang berhasil membuat lebih dari 100 remaja meregangkan nyawa mereka.

Siapa Pencipta Permainan Blue Whale?

Fenomena ini dipercaya muncul pada tahun 2013 dan diciptakan oleh seorang mahasiswa psikologi berumur 21 tahun yang dikeluarkan dari universitasnya. Mahasiswa tersebut mengkorfirmasi bahwa ia menciptakan permainan tersebut dengan tujuan untung membersihkan masyarakat dengan cara membuat seseorang untuk melakukan tindakan bunuh diri yang ia yakini tidak berharga. Mahasiswa tersebut kemudian dihukum atas kejahatan penghasutan bunuh diri pada remaja.

Bagaimana Cara Kerja Blue Whale ?

Permainan dimulai dengan adanya administrator dan partisipan/korban. Selama 50 hari, administrator akan memberikan tugas yang harus dikerjakan oleh partisipan/korban. Pada awal permainan, tugas yang diberikan cukup mudah seperti mendengarkan genre musik tertentu dan menonton film horror. Semakin lama, tugas yang diberikan semakin sulit seperti tidak boleh tidur, melukai diri sendiri hingga pada hari terakhir mereka harus bunuh diri.

Blue Whale Game
Yulia Konstantinova, 15 tahun, Siswi SMA di Rusia yang memposting gambar paus biru (Blue Whale) di akun instagram sesaat sebelum kematiannya.
Image Source: The Siberian Times

Bagaimana Korban Dapat Dipilih ?

Tidak jelas bagaimana cara dan metode mereka hingga bisa mendekati dan berkomunikasi dengan korban yang terpilih. Tetapi yang jelas, semua korban yang terpilih adalah mereka yang terlihat labil, rapuh dan punya masalah sosial dan emosional sehingga mudah untuk terpancing melakukan permainan tersebut.

Mereka melakukan pengamatan dan belajar tentang keadaan korban lewat postingan sosial media mereka seperti status Facebook, foto instagram, hingga informasi personal yang ada di halaman profil mereka.

Setelah korban menyetujui bermain Blue Whale Challenge, alat yang mereka gunakan untuk bermain seperti Smartphone, Laptop, dan browser internet akan terinfeksi oleh virus. Jika tidak ada virus, mereka akan meyakinkan korban bahwa mereka sudah mengirimkan virus hingga mereka percaya. Jika mereka tidak mengikuti permainan sampai selesai, mereka diancam semua data – data pribadi akan disebarluaskan.

Bagaimana Cara Mencegah Permainan Blue Whale ?

Berhati -hatilah jika ingin memposting segala sesuatu ke sosial media. Bijak mengetahui mana hal yang harus di posting dan yang mana yang tidak akan membuatmu tetap aman.