“Bird Japan” Julukan untuk Skuad Bulu Tangkis dari Tim Jepang

30

Jepang menjadi unggulan pertama dalam perhelatan Piala Sudirman Tahun 2019 ini. Hal ini sangatlah wajar karena Jepang termasuk salah satu negara yang memiliki kekuatan di semua sektor. Pada pergelaran dua tahunan ini, Jepang membawa 16 pemain inti dengan komposisi 9 putri dan 7 putra.

Dalam konferensi pers yang diadakan oleh Asosiasi Bulu Tangkis Jepang (NBA) pada tanggal 8 Mei 2019 di Ajinomoto National Training Center, Jepang memperkenalkan julukan yang disematkan bagi tim Sudirman Cup Tahun ini. Julukan tersebut ialah Bird Japan atau Burung Jepang. Persemian julukan ini dilakukan oleh Kinji Zeniya selaku Sekretaris Jenderal NBA dengan membawa papan dengan logo paruh burung.

Pemilihan logo burung memiliki arti penting bagi tim Jepang. Zeniya mengatakan logo ini sebagai pelambang kekuatan Jepang dan momentum sudirman cup ini diharapkan akan membuat tim Jepang lebih dekat dengan penggemarnya.

Jepang memiliki ambisi yang besar untuk dapat memenangkan kejuaran beregu ini. Hal ini dapat dilihat dari skuad yang dibawa oleh Jepang, Jepang membawa skuat dengan kekuatan penuh yang pastinya akan memberikan penampilan yang terbaik.

Dalam kejuaraan beregu campuran ini Jepang menjadi unggulan pertama diatas China pada posisi kedua dan Indonesia pada posisi ketiga. Jepang memiliki poin yang lebih tinggi karena banyak pemainnya yang berada dalam peringkat atas dunia.

Dari sektor tunggal Jepang membawa pemain unggulan mereka yang merupakan pemain nomor satu dunia yakni Kento Momota. Kento merupakan juara All England 2019 dan Badminton Asia Championship 2019. Jepang juga membawa Kenta Nishimoto sebagai tunggal putra kedua

Mereka juga membawa pemain top untuk sektor tunggal peka yakni Nozomi Okuhara dan Akane Yamaguchi yang merupakan pemain peringkat dua dan empat dunia.

Jepang membawa 3 pasang ganda putra yakni Keigo/Kamura yang merupakan peringkat kedua dan Endo/Yuta dengan peringkat ke 6 dunia. Jepang juga membawa Yugo Kobayashi dan Takuro Hoki.

Sementara untuk ganda campuran Jepang hanya membawa satu pasang yakni Yuta Watanabe dan Arisa Higashino. Yuta bermain rangkap pada kejuaraan kali ini.

Kekuatan terbesar Jepang terletak pada sektor Ganda Putri. Jepang merupakan raksasa pada sektor ini. Tidak main main, Jepang langsung membawa 3 pasang ganda terbaiknya yakni M. Matsumoto / W. Nagahara yang merupakan peringkat pertama. Yuki Fukushima dan Sayaka Hirota peringkat kedua dan M. Matsutomo dan A.Takahasi pada peringkat ke lima.

Semua sektor diharapkan dapat menampilkan penampilan yang terbaik karena mereka sudah membawa pemain yang sangat berkualitas dan ditakuti oleh lawan.

Pada kejuaran sudirman cup ini Jepang berada di grup 1A bersama Thailand dan Rusia. Dua negara dari setiap grup akan melaju ke perempat final. Peluan Jepang untuk menjadi juara grup terbuka lebar, namun Jepang tetap akan menampilkan permainan terbaik mereka