Bingung Merawat Mobil Setelah Dicat? Ini Dia 4 Tips Perawatan Mobil Setelah Dicat Ulang

9

Ada banyak alasan yang dilakukan oleh orang-orang ketika memutuskan untuk mengecat ulang mobilnya. Entah karena baret, tabrakan, cat pudar, ataupun sebagai modifikasi saja. Langkah terbaik untuk mengecat ulang mobil adalah dengan pergi ke bengkel. Meski begitu, masih banyak juga yang lebih memilih mengecat ulang sendiri.

Terlepas dari dilakukan di mana dan oleh siapa, pengecatan ulang mobil harus diperhitungkan secara akurat. Sebab, cat mobil berperan dalam keindahan eksterior. Sedikit saja melakukan kesalahan, bisa mengurangi keindahan mobil.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum mengecat ulang mobil:

  • Pertama, pastikan apakah mobil masih layak untuk dicat ulang. Pasalnya, pengecatan ulang mobil memakan biaya yang relatif mahal. Ada baiknya tidak perlu dilakukan apabila biaya. pengecatan ulang memakan biaya hingga 25% dari nilai mobil.
  • Kedua, memilih warna dan jenis cat yang sesuai. Pilihlah warna yang memang kalian minati dan membawa kesan keindahan bagi mobil kalian. Juga, pilihlah jenis cat yang terbaik agar tidak menimbulkan penyesalan, seperti cat belang, cat tidak rapi, warna menjadi pudar dan adanya kotoran di badan mobil.

Setelah kalian memikirkan secara masak dan memiliki keputusan yang bulat untuk mengecat ulang mobil, ada hal lain yang perlu diperhatikan dalam perawatannya. Setidaknya, ada empat perawatan yang mesti dilakukan, yaitu:

1. Mencuci Mobil

Untuk cat mobil yang berusia di bawah tiga puluh hari, bisa mencuci mobil dengan cara menggunakan air dan dilap pakai tangan. Jangan gunakan spons ataupun cairan pembersih lainnya. Jika cat mobil berusia di bawah empat bulan, bisa dicuci menggunakan sabun cair yang lembut. Apabila ada kotoran yang melekat, jangan menggunakan waxing karena bisa mengurangi ketahanan cat. Gunakanlah kain yang lembut. Sangat tidak disarankan mencuci mobil di bawah terik matahari.

2. Memerhatikan Tempat Parkir

Pilihlah tempat parkir yang teduh agar mobil tetap berada pada kondisi yang dingin. Selain itu, dengan memarkirkan mobil di tempat yang teduh, cat mobil pun akan lebih tahan lama dan awet ketimbang diparkirkan di tempat yang panas.

3. Memilih Produk Mobil

Ketika membersihkan mobil, pilihlah produk yang memang direkomendasikan. Tak apa lebih mahal dibandingkan murah, tetapi dapat merusak dan memudarkan cat. Jangan tergiur dengan harga yang lebih murah, pilihlah produk yang memang sudah terpercaya dan berkualitas bagus.

4. Jangan Menggunakan Penutup Mobil Ketika Basah

Perawatan terakhir adalah jangan menggunakan penutup mobil apabila mobil sedang basah. Gunakanlah kapan pun, mau siang, sore, malam, asalkan tidak saat kondisi mobil basah. Pasalnya, jika menggunakan penutup mobil dan mobil sedang dalam kondisi basah, warna cat mobil bisa berubah dan mobil bisa berkarat, jamuran, ataupun masalah lainnya.

Memiliki mobil yang indah adalah dambaan setiap orang, tetapi dalam perawatannya harus dilakukan secara sungguh-sungguh. Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam perawatan mobil yang dicat ulang.