Berhalangan Puasa? Lakukan 5 Hal Ini agar Pahalamu Bertambah

11

Semua orang muslim, di bulan ramadhan ini pasti berlomba-lomba untuk memperbaiki diri dengan baik, baik dari segi emosi, kata-kata, nafsu, juga ibadahnya. Namun, di hari tertentu ada saatnya umat muslim wanita tidak bisa menjalankan puasa, dan ibadah. Karena mereka sedang mengalami siklus menstruasi yang tidak diperbolehkan untuk beribadah dan puasa. Sangat disayangkan ya! Tapi jangan sedih ada cara lain kok.

Sebagai gantinya, kita bisa melakukan amalan-amalan baik lainnya. Agar kita tidak sia-sia dalam hari ketika kita sedang menstruasi. Paling tidak, kita tetap berlomba untuk menjadi baik. Jangan di bulan ini saja tapi ya. Untuk Selanjutnya juga harus dong.

  • Bersedekah

Pertama, hal paling mudah adalah kita bersedekah. Nggak harus di bulan ini memang, cuman memang untuk pahalanya bulan ini akan berkali-kali lipat loh, yang penting ikhlas dulu aja. Beramal pada siapapun yang membutuhkan dengan tulus ikhlas. InsyaAllah apapun yang kita lakukan itu adalah yang akan kembali pada diri kita.

Lah kalau kita sedang sakit perut menstruasi tapi ingin beramal, gimana kak caranya? Kita bisa titipkan pada orang terdekat. Atau download aplikasi donasi yang kamu ketahui, dimana ada tempat kita untuk donasi dan ada pilihan kepada siapa kita berdonasi. Tidak perlu banyak, yang penting itu berkah untuk kita. Tanpa tambahan biaya kok, kita bisa beramal tanpa berdiri kan?

  • Mendengarkan ayat Al Quran

Kedua, dengarkan ayat-ayat Al-Quran. Kalau kita terbangun di saat jam sahur, pasti nanti akan ada lantunan ayat Al-Quran yang sedang dibacakan. Kalau kita tidak boleh membaca Al-Quran, mendengarkannya boleh kok. Lewat apapun, dari Youtube kah, atau yang lainnya. Pahala kita dengan mereka juga sama. Meskipun kita terhalang oleh menstruasi, kita tetap bisa mendapat pahala yang sama.

  • Menyiapkan makanan untuk yang berpuasa

Ketiga adalah menyiapkan makanan orang berpuasa. Jika kita sedang di rumah, kita bisa membantu orangtua kita untuk menyiapkan menu berbuka. Meskipun kita tidak puasapun, hal ini sangat baik, karena kita menghormati orang lain yang sedang berpuasa. Membuatkan es, membelikan es, atau memasak dirumah adalah hal yang sangat positif. Daripada kita tidak melakukan apapun.

  • Membagi Takjil

Keempat adalah membagi takjil. Jika kita mampu memberi banyak takjil akan sangat baik untuk kita, namun jika tidak kita bisa menyumbang setidaknya 3-5 kotak nasi di musholla terdekat untuk orang yang berbuka puasa. Sama halnya point tiga, ini termasuk menghargai, memberi, dan menghormati mereka yang sedang berpuasa.

  • Berbuat baik

Terakhir adalah berbuat baik terhadap semua orang. Dalam arti, membantu yang membutuhkan, berkata yang baik, dan bijak. Aku rasa ini adalah hal yang simple namun berkah tanpa kita sadari. Jika kita memiliki uang, bukankah semua tidak harus materi? kita membuat orang tersenyum dan merasa terbantu oleh kita itu banyak loh berkahnya.

Sekian Semoga bermanfaat, Terimakasih sudah membaca.