Berbahayakah Penggunaan Headset Bluetooth Bagi Kesehatan?

13

Seiring waktu, kita hidup di masa dimana semua serba canggih, semua hal terus saja berkembang mulai dari fashion, bahkan sampai ke teknologi pun ikut berkembang dan semakin canggih. Namun kecanggihan teknologi saat ini juga berpotensi pada kesehatan tubuh penggunanya. Misalnya dengan penggunaan android yang dekat dengan tubuh saat tidur, maka hal tersebut juga jadi mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Ada lagi perkembangan teknologi saat ini yaitu headset Bluetooth, headset nirkabel yang dimana penggunanya bisa dengan praktis menggunakan headset tanpa ribet dengan kabel-kabel. Headset ini biasanya sudah ada pada pengguna smartphone. Namun, bahayakah penggunaan headset Bluetooth ini? Mari kita simak penjelasan berikut.

Banyak orang yang sudah tahu bahaya radiasi yang ditimbulkan dari penggunaan smartphone. Bahkan bagi saraf kesehatan, smartphone berdampak buruk bagi kesehatan sistem saraf otak anda. Dari sini mungkin banyak orang yang berhati-hati dan khawatir saat harus menggunakan headset Bluetooth. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia juga mengungkapkan bahwa penggunaan smartphone yang berlebihan mengancam kesehatan penggunanya.

Seorang professor dari Milwauke yang bernama John Moulder mengungkapkan bahwa bukti konkret bahaya dari headset Bluetooth memang belum ada. Namun, ada isu yang menyebutkan bahwa penggunaan headset Bluetooth dapat memicu kanker otak. Namun sebenarnya, radiasi ponsel memiliki radiasi lebih tinggi dibandingkan dengan sinyal Bluetooth. Namun penggunanya tetap terancam kesehatannya.(Sumber : Liputan6.com)

Sinyal Bluetooth bekerja dengan cara yang berbeda dari radiasi ponsel. Radiasi ponsel dapat menangkap gelombang jarak jauh sampai puluhan mil, sementara Bluetooth bekerja hanya 30-100 kaki. Untuk penggunaan headset Bluetooth, justru dianjurkan karena tidak kontak langsung dengan ponsel kita.

Melalui penjelasan sebelumnya sudah jelas bahwa penggunaan headset Bluetooth masih tergolong aman dari tingkat bahayanya yang juga rendah. Bahkan apabila kita sedang berkendara, justru yang dianjurkan adalah menelpon menggunakan headset Bluetooth agar pengguna bisa langsung mengangkat telepon tanpa menyentuh ponsel dulu yang justru dapat mengganggu konsentrasi mengemudi kita dan justru menghindarkan kita dari kecelakaan lalu lintas.

Dari sini sudah jelas bahwa penggunaan headset Bluetooth sangat aman digunakan dibandingkan dengan penggunaan kontak langsung dengan smartphone. Selain menghindarkan kita dari kecelakaan lalu lintas, pemakaian headset Bluetooth juga dapat mengurangi kita terkena bahaya dari paparan sinar radiasi ponsel yang kita miliki.

Meski terbilang aman digunakan, terdapat isu-isu yang ada mengenai bahaya penggunaan headset Bluetooth seperti memicu terjadinya kanker otak. Namun untuk berhati-hati kita tetap bisa mengendalikan diri kita dengan membatasi pemakaian headset Bluetooth dan penggunaan smartphone yang perlu diterapkan di kehidupan kita, agar kita tetap menjaga kesehatan tubuh kita dan menghindari bahaya dari radiasi smartphone kita.

Demikian pembahasan mengenai bahayakah headset Bluetooth bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.