Beginilah Cara Memuja Dewa Ganesha yang Benar

120

Umat Hindu menyembah Tuhan dalam berbagai bentuk dan dengan berbagai nama, salah satunya adalah Dewa Ganesha. Dewa Ganesha merupakan salah satu personifikasi Tuhan yang penuh dengan cinta dan disembah oleh semua kalangan umat Hindu baik anak-anak hingga orang dewasa.

Memuja Dewa Ganesha biasanya dengan berbagai nama seperti  Ganapati, Vinayaga, Ganesha, Gajananar, Vigneshwar, dan Ayngaran. Namun, umumnya Dewa Ganesha lebih dikenal dengan nama Ganesh. Dewa Ganesha merupakan sumber kebijaksanaan bagi umat Hindu.

Dewa Ganesha merupakan sosok yang aneh, namun sangat indah dengan wajah gajah dan bentuk manusia dengan perut besar dan ular yang diikat di sekitarnya. Dewa Ganesha memiliki empat tangan yang masing-masing tangannya memegang Ankusa, modakam dan gadingnya.

Dewa Ganesha memiliki telinga yang sangat besar seperti gajah yang dapat mendengar semua doa umat Hindu di seluruh dunia. Dewa Ganesha memiliki maka dengan penuh kebijaksanaan di bagian tengah dahinya seperti ayahnya, Dewa Siwa.

Bagi umat Hindu, Dewa Ganesha dipercaya dapat mengabulkan permintaan, pertolongan dan membantu umat dalam meningkatkan kebutuhan hidup seperti peluang kerja, kekayaan dan sebagainya. Namun dalam memohon atau memuja Dewa Ganesha ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yakni sebagai berikut:

  • Mempersiapkan diri

Dewa Ganesha merupakan Dewa Hindu yang popular di kalangan umat Hindu. Ganesha ini dikaitkan dengan kemakmuran, kebijaksanaan dan keberuntungan. Banyak orang yang memuja dan menyembah Dewa Ganesha. Dewa Ganesha dipercaya dapat menghilangkan rintangan sulit dalam hidup.

  • Patung Dewa Ganesha

Siapkan patung atau foto Dewa Ganesha untuk membantu Anda mendekatkan diri kepada Dewa Ganesha. Hal inilah yang menjadi langkah pertama dalam memuja Dewa Ganesha.

  • Siapkan perlengkapan lain

Untuk memuja Dewa Ganesha sebelumnya persiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan seperti hidangan manis seperti dupa, karena Dewa Ganesha sangat menyukai hidangan manis. Selain itu, siapkan juga makanan seperti ladoo, modak atau sajian lainnya untuk Dewa Ganesha.

  • Tutup kepala dengan dupatta

Bagi wanita, sebelum melakukan pemujaan kepada dewa Ganesha sebaiknya tutup kepala Anda dengan dupatta untuk menghormati Dewa Ganesha.

  • Lakukan Pemujaan

Sebelum melakukan pemujaan kepada Dewa Ganesha maka sebaiknya nyalakan diya. Diya adalah lampu minyak yang terbuat dari kuningan yang memiliki citra Dewa Ganesha di dalamnya. Banyak jenis Diya yang bisa Anda pilih sebelum melakukan pemujaan. Kemudian bakar dupa sebagai persembahan kepada Dewa Ganesha. Setelah itu pasangkan kalung bunga pada foto atau leher patung Dewa Ganesha. Ucapkan salah satu mantra pemujaan secara berulang-ulang dan tutup mata Anda untuk memanggil citra Dewa Ganesha dalam pikiran Anda.

  • Mengoleskan tilak

Setelah melakukan pemujaan kepada dewa Ganesha, maka setelah ini oleskan tilak pada patung dan diri Anda sendiri pada bagian dahi. Setelah itu berikan prasadam kepada yang hadir dalam pemujaan. Prasadam adalah hidangan manis.

Itulah tadi cara memuja dewa Ganesha yang benar. Semoga bermanfaat!