Beginilah Cara Melukat Diri Sendiri

145

Dalam Hindu, ada upacara dimana upacara ini bertujuan untuk membersihkan dan mensucikan diri secara lahir dan batin. Nama upacara ini adalah Upacara Manusa Yadnya, dalam upacara Manusa Yadnya, yang dibersihkan adalah hal negatif yang berasal dari dosa perbuatan dahulu hingga saat ini.

Upacara melukat bertujuan untuk membersihkan diri dari energi negatif dalam diri kita dengan dibantu oleh alam semesta. Dengan melakukan melukat, kita dapat membersihkan badan kita sehingga tubuh menjadi lebih segar dan seimbang.

Dan dalam upacara Manusa Yadnya, terdapat satu ritual yang memang ditujukan untuk membersihkan dan mensucikan diri dari dosa-dosa, namanya adalah Melukat.

Dilaksanakannya Melukat pada upacara Manusa Yadnya merupakan salah satu usaha untuk membersihkan dan mensucikan diri untuk mendekatkan diri kepada Sang Hyang Widhi. Untuk mendekatkan diri dengan Hyang Widhi, maka diperlukan kesucian dalam pribadi kita baik lahir maupun batin.

Dalam upacaranya, melukat dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan tujuannya, yakni sebagai berikut:

  • Upacara Melukat Astupungku

Upacara ini bertujuan untuk membersihkan dan mensucikan diri dari malapetaka yang diakibatkan pengaruh hari kelahiran.

  • Upacara Melukat Gomana

Upacara ini bertujuan untuk menebus oton atau hari kelahiran yang buruk.

  • Upacara Melukat Gni Ngelayang

Upacara ini bertujuan untuk pengobatan kepada seseorang yang sedang menderita sebuah penyakit.

  • Upacara Melukat Prabu

Upacara ini bertujuan untuk memohon para pemimpin agar dalam melaksanakan tugasnya mendapat kejayaan.

  • Upacara melukat Nawa Ratna

Upacara ini memiliki tujuan yang sama dengan upacara melukat prabu.

  • Upacara Melukat Semarabeda

Upacara ini bertujuan untuk mensucikan Sang Kama Jaya dan Sang Kama Ratih dari segala noda.

  • Upacara Melukat Surya Gomana

Upacara ini bertujuan untuk melepas kotoran dan noda yang ada pada diri bayi.

Dalam melaksanakan upacara melukat, penting bagi umat Hindu mengetahui tata cara melukat yang benar. Terlebih jika ingin melukat diri sendiri. melukat tidak perlu menunggu hari baik, hal ini treganung dengan kesiapan diri dalam melakukan pembersihan dan pensucian, bahkan dilakukan rutin pun tidak masalah.

Dalam upacara melukat, penting bagi umat Hindu membersihkan seluruh bagian badan termasuk ke bagian yang tersembunyi. Seluruh tubuh hingga bagian tersembunyi sebaiknya terkena air tanpa adanya halangan.

Berikut merupakan tata cara melukat diri sendiri:

  • Sebelum melukat diri sendiri, sebaiknya kita memulainya dengan sembahyang.
  • Siapkan bekal satu canang dan dupa untuk memohon kepada dewa dan dewi.
  • Saat melukat, hendaknya ucapkan mantram “Om Sarira Parisudhamam Swaha” dimana mantra mini memiliki arti mensemogakan jasmani dan rohani menjadi suci. Ucapkan mantram sebelum membahasi diri dengan air pancuran. Jika dilaut, maka ucapkan mantram tersebut sebelum membenamkan diri ke dalam air laut.
  • Setelah melukat dan menggunakan pakaian yang kering, selanjutnya adalah sembahyang di pura. Jika melukat dilaut cukup sembahyang di tepi laut saja.

Itulah pembahasan mengenai cara melukat diri sendiri. semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman anda mengenai upacara melukat dan tata cara melukat. Smeoga bermanfaat!.