Begini Pertemuan Jokowi dan Prabowo Pasca Pilpres

17

Sabtu (13/07/2019), menjadi momen yang ditunggu oleh masyarakat. Pasalnya Prabowo Subianto keluar dari ruang tunggu stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan untuk menemui Jokowi. Dengan langkah cepat Prabowo Subianto memberikan ucapan selamat dan memberikan penghormatan dengan berjabat tangan dan berpelukan atas terpilihnya menjadi presiden Republik Indonesia (RI). Momen ini pun menjadi perbincangan hangat di kalangan para masyarakat, ada sebagian yang pro dan ada sebagian yang kontra.

Momen pertemuan kedua tokoh ini pun disaksikan langsung oleh masyarakat yang saat itu berada di stasiun Lebak Bulus untuk menaiki MRT, sehingga para penumpang ramai-ramai bersorak-sorak memanggil keduanya dan berteriak “We love you, we love you”. Selain itu masyarakat juga dibuat bertepuk tangan oleh kedua tokoh ini, ketika melihat Jokowi dan Prabowo berangkulan. Iya bagaimana tidak, karena beberapa bulan lalu mereka adalah calon pasangan duel untuk memperebutkan jabatan sebagai presiden Republik Indonesia (RI) di tahun 2019-2024 mendatang.

Dalam jumpa pers yang digelar oleh Jokowi bersama Prabowo di Senayan kemarin, Jokowi mengutarakan niatnya untuk bertemu dengan Prabowo jauh-jauh hari, akan tetapi karena kesibukan keduanya rencana itu belum terlaksana “Tapi Pak Prabowo sibuk, saya juga begitu perga-pergi kadang ke daerah, kadang ke luar, sehingga pertemuan lama itu belum terlaksana. Dan alhamdulillah hari ini bertemu untuk mencoba MRT, karena saya tahu Pak Prabowo belum pernah mencoba MRT”, kata Jokowi.

Dalam pidatonya, Jokowi juga mengatakan bahwa dirinya dan Prabowo adalah sahabat dan saudara. Sehingga ia mengatakan kepada para pendukung untuk berhenti bermusuhan, “Tak ada lagi 01 dan tak ada lagi 02. Tak ada lagi cebong dan tak ada lagi kampret yang ada adalah garuda, garuda pancasila”.

Selain itu, Prabowo juga menegaskan pidato Jokowi dengan mengatakan bahwasanya pertemuan keduanya merupakan wujud persatuan. Ketua Umum Partai Gerindra itu juga mengatakan bahwa ia belum mengucapkan selamat kepada Jokowi dengan alasan “saya ini bagaimanapun ada ewuh pekewuh, ada toto kromo, maunya langsung tatap muka, jadi saya ucapkan selamat Pak”.

Prabowo juga berjanji akan membantu kinerja pemerintah Jokowi dengan catatan, “sesekali mengkritik tak apa ya pak,demokrasi kan butuh check and balance”.

Setelah melakukan jumpa pers dengan para awak media, Jokowi dan Prabowo masuk ke salah satu rumah makan ternama untuk makan siang di sate Senayan. Keduanya duduk akrab berdekatan di satu meja sambil berbincang-bincang.