Begini Penjelasan Virus Korona yang Menjadi Ancaman Dunia Saat Ini

92
virus korona

Dokter spesialis paru di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Diah Handayani mengatakan virus corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan tubuh manusia dan menyebabkan penyakit yang sangat fatal. Virus ini masuk dan merusak fungsi paru-paru atau dikenal dengan pneumonia, yaitu infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh virus dan mikroorganisme lain seperti bakteri, jamur, dan lainnya.

Virus ini menyebar lewat udara yang terhirup lewat hidung dan masuk kemudian masuk ke saluran pernafasan atas yang diteruskan ke tenggorokan dan berakhir di paru-paru.

Menurut Diah, orang yang terkena virus ini agak sulit dibedakan karena gejalanya hampir sama dengan infeksi virus lainnya. Adapun gejala awalnya adalah flu disertai batuk, jika memberat akan mengakibatkan demam dan radang tenggorokan. Apabila semakin parah, akan menyebabkan pneumonia yang ditandai dengan diare.

Wah kalau sudah begitu, apakah bisa disembuhkan? Para pakar kesehatan mengatakan, virus ini belum ada obatnya dan fatalnya dapat menyebabkan kematian bagi orang yang terjangkit virus ini. Namun, beberapa pasien di rumah sakit pun bisa sembuh dengan melakukan terapi pendukung yang tujuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Para dokter juga menyarankan bagi yang mengalami beberapa gejala di atas, segeralah mengonsumsi obat untuk menghilangkan beberapa gejala di atas.

Para dokter di rumah sakit pun kini juga menyiapkan ruang isolasi di rumah sakit bagi pasien yang diduga terjangkit virus ini. Tujuannya agar virus ini tidak menyebar ke orang lain dan pasien bisa ditangani dengan baik.

Selain memaparkan bahayanya virus corona, dokter Diah juga memberikan pengarahan kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan seperti menjalani pola hidup sehat dengan makan 4 sehat 5 sempurna dan mengimbau kepada para perokok untuk berhenti merokok. Cuci tangan dengan sabun sebelum makan dan gunakan masker ketika berada di tempat umum.

Bagaimana sahabat dori, sampai sini sudah jelas ya bahaya virus corona? Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu menerapkan hidup sehat.