Begini Konflik Film Spiderman Hingga Akan Berhenti Tayang

11

Siapa disini yang menyukai  film – film yang diproduksi oleh Marvel. Sosok – sosok karakter pahlawan super yang diciptakan menjadi banyak dicintai oleh banyak penggemar film animasi barat. Beberapa super hero yang hadir dalam serial Marvel antara lain Hulk, Iron Man, Captain America, Doctor Strange, Spiderman, dan banyak lagi.

Terbukti Marvel berhasil mencetak skor fantastis dan luar biasa saat merilis seri terakhir Avengers yang berjudul ‘Avengers: End Game’. Saat penayangannya, Avengers : End Game menjadi trend sampai banyak para penonton yang membeli tiket pre-order dan menjadi salah satu film yang memiliki pre order terlaris.

Selain itu, ada juga film yang mencetak rekor terbaik yaitu Spiderman: Far From Home. Film yang menceritakan tokoh super hero Spiderman menjadi film yang meraup keuntungan terbanyak. Sejak tayang perdana pada tanggal 2 Juli 2019, animo masyarakat merespon positif terkait penayangan seri Spidferman tersebut.

Namun, timbul kabar yang tidak menyenangkan datang dari seri Spiderman. Salah satu super hero yang banyak digemari oleh anak – anak hingga dewasa karena memiliki karakter yang unik ini dikabarkan akan meninggalkan Marvel Cinematic Universe.

Hal ini dikatakan langsung oleh pihak Sony Pictures. Sony Pictures sudah mengkonfirmasi akan menarik keluar Spiderman dari Marvel Universe. Hal ini dikarenakan adanya perselisihan pembagian keuntungan antara Marvel Universe dengan Sony Pictures.

Secara garis besar, sekuel film Spiderman yang terakhir yaitu Spiderman: Far from Home berhasil menanjak pesat dan melampaui angka pendapatan fantastis yakni hingga satu milliar dolar di seluruh box office dunia. Film ini juga berhasil menjadi film pertama dari waralaba yang meraih prestasi terbaik. Yang sudah pasti menjadi kebanggaan tersendiri bagi penggemar dan juga sineas yang terlibat dalam pembuatan film Spiderman.

Terkhusus bagi Sony Pictures, film Spiderman: Far From Home merupakan film kedua mereka yang berhasil meraup keuntungan luar biasa. Setelah sebelumnya film James Bond: Skyfall, berhasil meraih angka pendapatan hingga 1,1 miliar dolar. Angka fantastis ini dilaporkan langsung oleh The Hollywood Reporter.

Di sisi lain, film Spiderman: Far From Home yang dibintangi oleh Tom Holland sebagai tokoh utama adalah film seri kedelapan dari keseluruhan seri  Spiderman yang sudah ditayangkan. Film ini sendiri diproduksi oleh pimpinan Marvel Studios yaitu Kevin Feige dan Amy Pascal.

Kesuksesan dari karakter Spiderman ini menjadi idola sepanjang masa. Namun, film yang telah menemani selama beberapa dekade ini ternyata memberi kekecewaan tersendiri terhadap salah satu pihak, yaitu Sony Pictures.

Sony Pictures mulai bekerja sama dengan Marvel saat memproduksi film Spider-man: Homecoming di tahun 2017 serta Spiderman: Far from Home di tahun 2019. Namun terdapat ketidak sesuai pembagian pendapatan yang seharusnya terbagi secara seimbang yaitu 50:50 tidak terjadi sesuai kenyataan.

Oleh karena itu, dengan diskusi untuk membuat suatu keputusan, dengan berat hati, produser dari film Spiderman: Far From Home yaitu Kevin Feigedan pun menyetujui untuk mengeluarkan Spiderman dari Marvel Cinematic Universe yang memiliki hak cipta dibawah naungan Sony Pictures.

Seorang narasumber dari USA Today mengatakan sebenarnya belum ada kepastian lebih lanjut bagaimana nasib kelanjutan dari film Spiderman. Namun mereka memastikan Spiderman hanya memiliki permasalahan terkait kredit produser. 

Netizen sudah sangat ramai membicarakan ini di media sosial. Beberapa tagar muncul seperti Tom Holland hingga Save Spiderman menjadi trending topic. Mereka tidak rela kalau Spiderman dikeluarkan dari Marvel Universe.