Begini Cara Menghitung Skor Basket Secara Profesional, Suka Basket Harus Baca!

2297
Bola basket dan bagian-bagian dalam lapangan bola basket
Sumber Gambar: jagomainbasket.blogspot.co.id
Sumber Referensi: Bimbie.com dan Blog Kumpulan Olahraga

Dalam satu permainan bola basket pemain dituntut untuk bisa bekerjasama dengan baik dalam tim sehingga mampu mencetak point sebanyak-banyaknya. Jika dalam permainan bola kaki pemainnya dituntut untuk mencetak gol dengan memasukkan bola ke gawang, berbeda dengan permainan bola basket yang mengharuskan para pemainnya untuk memasukkan bola ke ring dengan cara dilempar.

Jika dalam permainan bola kaki satu kali cetak gol ke gawang mendapatkan satu nilai, berbeda dengan permainan bola basket yang ternyata memiliki 3 point yang berbeda tergantung dari posisi mana sang pemain memasukkan bola ke ring.

Prinsip dalam permainan bola basket adalah semakin jauh maka semakin besar, artinya semakin jauh pemain melemparkan bola dan masuk ke ring maka point yang akan diperoleh timnya juga akan semakin besar. Lalu apa pentingnya mengetahui pembagian perhitungan skor ini? Ada banyak manfaatnya, diantaranya:

  • Jika kamu seorang pemain basket maka dengan mengetahui skor yang dapat kamu peroleh dari suatu lemparan kamu menjadi bisa memperhitungkan kira-kira lemparan seperti apa yang harus tim mu lakukan untuk memperjauh rentang nilai dari lawan atau untuk mengejar nilai lawan.
  • Jika kamu seorang penonton maka kamu mengetahui kenapa nilai yang bertambah setiap lemparan mungkin berbeda, sehingga jika terjadi kecurangan kamu bisa ikut protes tentunya dengan pemahaman yang benar.

Artinya ada banyak manfaat untuk mengetahui sistem pembagian point dalam permainan bola basket, langsung saja selanjutnya akan dijelaskan mengenai Begini Cara Menghitung Skor Basket Secara Profesional.

  1. Tembakan 1 point

Skor terendah dalam permainan bola basket ini bisa didapatkan jika pemain basket melakukan lemparan bebasĀ atau free throw pada titik penalti, penalti biasanya dilakukan 2 kali setiap pelanggaran. Tembakan bebas ini biasanya diberikan jika tim lawan sudah melakukan 5 kali pelanggaran tim.

  1. Tembakan 2 point

Skor 2 point dapat diperoleh jika bola masuk ring karena:

  • Hasil lay up dari dalam garis pinalti;
  • Pemain dari tim lawan melakukan lemparan bunuh diri atau memasukkan ke dalam ring tim-nya sendiri;
  • Bola menyentuh ring basket pada lemparan bebas terakhir kemudian disentuh pemain dengan cara yang benar;
  1. Tembakan 3 point

Point tertinggi dari permainan basket ini dapat diperoleh saat pemain berhasil melakukan tembakan dari luar garis penalti. Tentunya tidak mudah untuk mendapatkan point tertinggi dalam permainan basket ini, butuh fokus yang tinggi untuk bisa memasukkan bola ke dalam ring dari posisi yang jauh.

  1. Jika pemain tidak sengaja memasukkan bola dari bagian bawah jaring maka permainan dilanjutkan dengan bola loncat antar dua pemain.
Keterangan:
1. Posisi tembak point 3
2. Posisi tembak point 2
4. Posisi tembak free throw 1 point

Sumber Gambar: topteknikdasarpermainanbolabasket.blogspot.co.id

Baik itulah tadi penjeleasan mengenai Begini Cara Menghitung Skor Basket Secara Profesional. Inti dari permainan bola basket hanya melemparkan bola masuk ke dalam ring tetapi setiap posisi memiliki point yang berbeda: 1 point untuk lemparan di titik pinalti, 2 point untuk lemparan di dalam garis pinalti, dan 3 point untuk lemparan di luar garis pinalti.

Pembagian point inilah yang menjadi salah satu pembeda antara permainan bola basket dengan permainan bola lainnya, dalam basket semakin jauh kamu melempar bola yang masuk ke ring maka semakin besar pula point yang akan kamu dapatkan. Semoga kamu tidak lagi kebingungan dengan pembagian point dalam permainan bola basket ya!