Begini 9 Cara Mengatur Keuangan Dengan Penghasilan Tidak Tetap Bagi Keluarga, Baca Biar Paham!

61

Bagi sebagian banyak orang memperoleh penghasilan yang tetap tidak akan mengalami kesusahan dalam membagi – bagi keuangan antara untuk kebutuhan dan tabungan. Sebab mereka bisa mengaturnya tepat dengan kebutuhannya yang cenderung tidak berubah – berubah.

Akan tetapi bagi para orang yang bekerja dengan penghasilan yang tidak tetap sering kali merasa kurang sehingga mereka mengeluhan karena merasa kesusahan mengatur keuangan, bahkan ada yang rela tidak menabung demi mementingkan kebutuhan yang utama nya dulu.

Pengaturan keuangan memang mutlak wajib dilaksanakan apalagi jika penghasilan kita tidak tetap sehingga kita harus pinta – pintar mencari jalan dan solusi agar kita tidak mengalami kekurangan di saat tanggal gajian berikutnya masih terasa jauh.

Berikut ini Begini 9 cara mengatur keuangan dengan penghasilan tidak tetap bagi keluarga:

  1. Mengontrol Pengeluaran tiap bulan

Karena penghasilan kita tidak tetap maka kita harus membuat sebuah kontrol keuangan yang fungsinya ialah mengatur pengeluaran kita setiap bulannya.

Jika kita melakukan hal ini maka kita akan lebih mudah membatasi pengeluaran kita untuk membeli yang tidak perlu.

  1. Hitung rata – rata pemasukan

Walaupun gaji anda tidak selalu sama tiap bulannya, akan tetapi kita perlu menentukan berapa penghasilan rata – rata kita tiap bulannya dengan begitu kita bisa tau batas uang yang akan kita gunakan setiap harinya apakah melebihi atau tidak dari pendapatan rata – rata kita.

  1. Bayar tagihan

Kita harus lebih dahulu mengutamakan pembayaran tagihan, karena jika kita tidak mengutamakan hal tersebut ketika waktunya telah mepet semuanya akan menjadi rumitkarena adanya penumpukan pembayaran yang terlambat kita bayar.

 

Sumber : workingworld.com
Sumber Gambar : workingworld.com
  1. Buat daftar kebutuhan

Jikalau kita ingin sukses dan berhasil dalam mengatur keuangan dari penghasilan tidak tetap kita perlu membuat daftar kebutuhan. Karena dengan adanya daftar tersebut akan membuat kita jadi lebih mudah mengatur keuangan kita, akan lebih mudah mengetahui kemana saja uang tersebut kita gunakan.

  1. Sisihan sedikit untuk ditabung

Menabung ialah solusi bagi kebanyakan orang yang berpenghasilan tidak tetap, sebab dengan menabung kita akan mempunyai cadangan uang nanti ke depannya jika tiba – tiba ada keadaan gawat darurat dan kita butuh uang.

  1. Lakukan perbandingan belanja

Sebelum kita berbelanja kebutuhan bulanan ada baiknya kita melakukan survey dahulu di beberapa toko agar kita dapat mengetahui harga yang lebih murah, karena dengan hal tersebut kita akan menjadi lebih hemat dalam pengeluaran.

  1. Utamakan kebutuhan di bandingkan keinginan

Kita memang kadang – kadang perlu membeli barang sesuai dengan keinginan kita , akan tetapi lebih baik hal tersebut kita tunda dulu karena bagi orang yang mempunyai penghasilan tidak tetap lebih baik kita mengutamakan kebutuhan sehari – hari terlebih dahulu ketimbang hasrat keinginan kita dalam berbelanja.

  1. Carilah Barang obralan atau Diskon

Salah satu solusi dalam mengatur keuangan yang minim ialah di saat kita melakukan belanja ada baiknya kita perlu mencari barang yang sedang ada potongan harganya terlbih dahulu atau sedang ada obral terlebih dahulu.agar kita jadi lebih hemat dalam pengeluaran bulanan kita

  1. Belanja dengan tipe waktu mingguan

Untuk kebutuhan pokok dalam rumah tangga kita, ada baiknya kita melakukan pembelanjaan dengan sistem mingguan dimana kita akan berbelanja sekali dalam seminggu sehingga kita terhindar dari membeli  barang yang tidak di butuhkan dan menjadi lebih hemat.