Begini 7 Cara Mengatur Keuangan Orang Jepang yang Bikin Kaya!

556
Images/Vvibu

Siapa yang tidak kenal dengan negara Jepang? Negara yang dikenal lewat kesuksesan anime-nya ini memiliki ribuan cerita yang selalu menarik untuk dibahas, termasuk tentang perekonomiannya yang terbilang maju.

Meskipun Jepang adalah negara maju, ternyata justru masyarakat Jepang terkenal dengan sifat sangat hematnya. Ingin tahu bagaimana orang Jepang mengatur keuangannya hingga bisa sukses? Berikut adalah caranya:

1Mencatat semua pengeluaran

Orang Jepang terkenal dengan kedisplinannya yang tinggi, termasuk dalam hal keuangan. Uang merupakan hal yang penting dan fatal dalam kehidupan masyarakat Jepang, ditambah lagi dengan biaha hidup yang tinggi.

Maka dari itu mereka harua pandai mengatur keuangannya. Mereka biasanya selalu melakukan pencatatan pada setiap pengeluaran sekecil apapun sehingga lebih mudah untuk mengatur pengeluaran yang akan terjadi ke depannya.

2Membagi pendapatan

Setiap akhir bulan, majalah di Jepang biasanya memberikan bonus Kakeibo pada para ibu rumah tangga. Kakeibo adalah jurnal khusus untuk mengatur keuangan rumah tangga. Pada jurnal ini, kita akan diminta untuk membagi pendapatan pada setiap pos yang diperlukan. Misalnya kebutuhan pokok bulanan, kebutuhan rekreasi, pakaian, dan pos lainnya. Dengan membagi pendapatan ke posnya masing-masing maka kamu tidak perlu kerepotan untuk memenuhj kebutuhan pokok di pertengahan bulan.

3Menyisihkan tabungan

Setiap selesai membagikan pendapatan ke posnya masing-masing, biasanya orang Jepang akan menyisihkan juga sebagian dari pendapatan ke dalam pos tabungan. Mereka selalu melakukan ini untuk bisa membeli barang mewah yang mereka inginkan.

4Tidak membelanjakan uang secara berlebihan

Dari The 8 Virtues (8 Nilai Kebajikan) yang dianut oleh pemeluk Konghucu yanh mendominasi Jepang, nilai “Berbakti Pada Orang Tua” dan “Menjaga Integritas” merupakan nilai kebajikan yang berwujud tidak menghabiskan harta orang tua secara berlebihan.

Tradisi dan kepercayaan inilah yang membuat anak-anak Jepang sangat jarang meminta uang untuk membeli mainan atau keperluan tidak penting lainnya. Berlaku boros merupakan salah satu dosa bagi mereka.

5Jarang pakai kartu kredit

Tidak seperti negara maju pada umumnya, orang Jepang justru sangat jarang memakai kartu kredit. Mereka lebih sering menggunakan uang tunai untuk setiap belanja yang dilakukan. Bagi orang Jepang, kartu kredit hanya akan menambah beban hidup mereka.

6Membeli produk yang sedang diskon

Kalau kamu pergi ke Jepang, kamu akan menemukan banyak sekali toko atau pusat perbelanjaan yang menawarkan diskon. Masyarakat Jepag memang lebjh memilih untuk membeli barang yang sedang diskon dibandingkan memilih merek. Biaya hidup yang tinggi di Jepang membuat mereka harus pandai mencari barang yang murah. Mereka juga tidak segan untuk menawar harga.

7Selalu bawa bekal

Untuk menghemat biaya, orang Jepang selalu membawa bekal makanan maupun minuman kemana pun mereka pergi. Bukan hanya anak-anak saja yang membawa bekal ke sekolah, orang dewasa juga membawa bekal untuk makan siang di kantornya.

Itulah cara orang Jepang melakukan pengaturan keuangan mereka. Meskipun Jepang adalah negara maju, namun masyarakatnya terkenal dengan kebiasaan hemat mereka. Semoga beberapa cara di atas dapat menjadi pedoman kamu dalam mengatur keuangan.