Begini 10 Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 1 Jutaan per Bulan Paling Mudah

301

Mengatur keuangan itu penting banget untuk memastikan kebutuhan hidup kita selama sebulan dapat terpenuhi tanpa kita menimbulkan utang. Punya gaji kecil bukan berarti kamu tidak bisa menabung dan mengatur keuangan kamu dengan baik.

Keahlian kamu dalam mengatur keuangan sangat dibutuhkan apalagi kalu gaji kamu kecil. Dengan gaji kecil memang sangat dibutuhkan keterampilan mengatur uang yang detail. Ini dia 10 cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengatur keuangan kamu dengan baik meskipun gaji kamu cuma 1 juta perbulan.

parenttoolkit
  1. Cari Paket Internet Murah

Saat ini Internet adalah salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Internet bisa digunakan sebagai hiburan, sarana mencari informasi ataupun mencari pekerjaan dan uang. Namun, anda harus pandai pandai dalam membeli paket internet jangan sampai pengeluaran terbesar anda ialah membeli paket Internet.

Carilah provider yang menawarkan paket internet murah. Saat ini bahkan ada provide yang menawarkan paket 2GB sehari seharga 1.500 rupiah saja.

2. Kurangi Nongkrong di Cafe

Udah bukan rahasia lagi kalau kaum mineliall memang suka banget menghabiskan waktu mereka di cafe ataupun tempat makan mewah lainnya. Gak masalah sih selama gak ngeganggu kantong dan masih dalam batas wajar.

Tapi buat kamu yang bergaji kecil nongkrong di cafe lama lama bisa membuat uang kamu berkurang banyak. Sekali makan dan minum di cafe bisa menghabiskan sampai 100 ribu loh.

3. Cari Diskonan

Kalau diskonan mau orang kaya apalagi orang yang gak punya duit pasti suka banget. Buat kamu yang punya gaji kecil jangan bosen bosen untuk nyari diskonan di supermarket atau toko toko online.

Buat hari hari atau jam jam tertentu website belanja online sering banget ngasih harga miring yang bikin kantong aman.

4. Beli Barang Preloved

Kamu gak usah malu kalau kamu membeli barang preloved, malah kamu bisa untung banyak dengan mendapatkan barang yang bagus dengan harga lebih murah setengahnya.

Gak cuma pakaian, tapi peralatan makeup pun bisa kamu temui di berbagai platform online yang emang nyediain barang barang preloved. Dengan harga minim kamu bisa dapat barang dengan kualitas baik.

5. Jadwalkan Menu Makan Anda

Pastikan ketika kamu telah menyusun rencana makan yang akan kamu makan setiap harinya. Dengan menyusun jadwal dan menu makan kamu, dapat dipastikan kamu tidak kebingungan dan bisa mengatur makan kamu yang pastinya tetap sehat dan hemat.

6. Masak Sendiri

Wah ini penting banget sih buat kamu yang punya gaji kecil ataupun sekedar ingin berhemat. Dengan kamu masak sendiri kamu bisa menghemat uang kamu bahkan hingga 50%.

Kamu bisa masak sayur bening, beli ikan goreng dan lainnya yang bisa kamu makan hingga dua hari. Sekarang banyak kok tutorial masak makanan yang bergizi dengan budget yang murah.

7. Bawa Bekal

moneysmart.id_

Gaji kamu setengahnya bakalan habis untuk makan saja apabila kamu tidak pandai mengaturnya.

Membawa bekal bisa membuat kamu lebih hemat setiap harinya. Jangan malu untuk membawa bekal, karena membawa bekal selain bikin hemat juga bisa bikin sehat karena kebersihannya terjaga.

8. Pakai Transportasi Umum

mamikos

Terkadang menggunakan transportasi umum bisa membuat kamu lebih hemat loh. Bayangkan saja hanya dengan 3.500 kamu bisa berkeliling Jakarta menggunakan bus yang nyaman dan aman. Bahkan sebelum jam 7 pagi harga tiket transjakarta hanya 2 ribu rupiah saja.

9. Menabung

Memang cukup sulit untuk menabung ketika gaji kamu saja terasa tidak cukup untuk kebutuhan sehari hari. Namun kamu harus selalu berusaha untuk menabunung sehingga setidaknya kamu punya simpanan

10. Mencari Uang Tambahan

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan namun ternyata masih saja tidak mencukupi kebutuhan kamu,maka kamu bisa mensiasatinya dengan menambah pemasukan. Kamu bisa membantu mengajar anak anak untuk les atau bekerja part time lainnya.

Itulah cara untuk mengatur keuangan kamu yang cuma punya gaji 1 juta perbulan. Pandai pandai mengatur keuangan ya.