Baru Lulus Kuliah, Minim Pengalaman? Ini Dia 4 Tips Buat Kamu Para Fresh Graduate

27

Mencari pekerjaan bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Terkadang, orang yang sudah memiliki pengalaman kerja pun masih belum beruntung untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Padahal dalam beberapa interview masuk kerja, pengalaman merupakan salah satu faktor penunjang diterimanya seorang pelamar kerja.

Akan tetapi tidak berarti sepenuhnya jika kamu yang sama sekali belum memiliki pengalaman kerja memperoleh sedikit peluang untuk mendapatkan

Agar tidak berkecil hati dan selalu optimis, meskipun minim pengalaman lakukan hal ini agar kamu bisa mempersiapkan diri supaya memperoleh kesempatan dilirik HRD untuk menjadi karyawannya dengan pekerjaan yang kamu inginkan.

1. Jeli Memilih Pekerjaan

Sebagian besar memahami bahwa setiap pekerjaan memiliki standar kualifikasi dasar. Agar kamu tidak membuang-buang kertas lamaran kerja, sebaiknya kamu selalu mempertimbangkan pekerjaan manakah yang sesuai dengan kemampuanmu, meskipun kemampuan yang kamu miliki masih minim.

2.Tunjukkan Keterampilan Khusus Pada CV

Keterampilan khusus yang dimiliki merupakan keterampilan yang kamu geluti selama ini dan kamu bisa mengerjakannya dengan sebaik mungkin. Bisa jadi keterampilan tersebut hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja.

Misalnya kamu pandai mengoperasikan berbagai microsoft office, memiliki kemampuan public speaking yang handal, dan beberapa soft skill lainnya. Tulis beberapa keterampilan dan kelebihanmu pada CV-mu. Sebaiknya tidak perlu diberi presentase, cukup kamu jelaskan saja saat interview kerja

3. Ikuti Berbagai Pelatihan, Seminar Maupun Workshop Guna Menambah Pengalaman

Setiap manusia memang tidak terlahir sempurna, bukan berarti dengan itu kamu berkecil hati dan menyerah. Jika kamu menyukai suatu pekerjaan dan kamu sangat minat terjun di dalamnya dengan pengalaman minim.

Ikutilah berbagai pelatihan, seminar dan workshop agar kamu agar dapat menambah wawasan dan pengalamanmu. Bisa jadi, dengan itu kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru dan bersedia merekrutmu menjadi rekan kerja.

4. Cantumkan Riwayat Organisasi atau Kegiatan Volunteer yang Kamu Ikuti

Apabila kamu mencantumkan pengalaman kerja pada CV-mu, akan menambah nilai tambah buatmu dari HRD. Namun, jika sama sekali belum pernah bekerja tidak ada salahnya kamu cantumkan sederet pengalaman organisasi yang kamu geluti dan kegiatan volunter yang kamu ikuti.

Sebab, melalui pengalaman organisasi dapat menunjukkan betapa aktifnya kamu mengikuti kegiatan tanpa dibayar dengan senang hati. Bisa pula menunjukkan bagaimana kinerjamu dalam kerja tim. Jadi, jangan lupa cantumkan semua pengalaman organisasi dan volunteermu di CV-mu agar tidak dipandang sebelah mata.

Nah sahabat dori, itu dia 4 tips buat kamu yang masih fresh graduate dan masih minim pengalaman agar bisa segera mendapatkan pekerjaan. Semoga bermanfaat.