Bahayan Penyakit Pyometra! Jangan Memberi Obat KB Sembarangan ke Kucing Kamu!

13

Anda menyayangi kucing anda? Tetapi anda tidak siap apabila kucing anda memiliki banyak anak yang bisa membuat kucing anda sengsara karena tidak mampu mengurusnya? Banyak sekali jumlah populasi kucing yang tidak terkontrol, kucing dimasa kawin bsa mengalami kehamilan dengan jumlah anak yang banyak, tidak heran apabila banyak sekali anak kucing yang mati begitu saja, terkadang dimakan oleh si jantan, atau mati karena terabaikan dan tidak terurus oleh si betina.

Sebagai pemilik yang mencintai kucing, kita harus memiliki ilmu yang cukup untuk merawat dan menjaga si kucing. Jangan karena ingin hemat akhirnya kita memberikan obat KB kepada kucing tanpa memikirkan resiko yang bisa ditderita oleh si kucing.

banyak pecinta kucing yang hanya mencintai kucing tanpa memiliki ilmu yang cukup, banyak pecinta kucing yang ingin menekan populasi kucing tanpa memikirkan jangka panjang, banyak majikan kucing yang memberikan pil KB kepada kucing karena berpikir dengan memberikan obat KB baik berupa pil ataupun suntikan mampu mengurangi resiko kucing mengalami hamil, tetapi itu merupakan hal yang sangat salah besar dan berbahaya! Ini dia akibatnya yang bisa terjadi pada kucing yang diberikan pil ataupun suntikan KB.

Efek Samping Penyakit Pyometra

Penyakit pyometra adalah penyakit yang diderita kucing di usia pertengahan, pyometra adalah penyakit infeksi rahim disebabkan oleh penyimpangan hormon yang bisa menimbulkan infeksi bakteri sekunder.

Ciri kucing yang menderita pyometra adalah perut si kucing membuncit, keluar cairan bewarna bening, putih, nanah dan apabila sudah bahaya bisa keluar darah.

Biasanya pemilik kuncing akan salah persepsi, mereka berpikir karena perut kucing yang membuncit mereka berpikir bahwa kucing sedang hamil dan merasa bahagia, ini hal yang harus dihindari dan ini merupakan jebakan kematian untuk si kucing, ketika majikan berpikir bahwa si kucing sedang hamil padahal sebenanrnya kucing sedang menghadapi penyakit yang serius.

Solusi Penyakit Pyometra

Apabila kucing sudah terlanjur menderita penyakit pyometra ini segera lakukan sterilisasi untuk kucing biaya berkisar Rp. 475.000 – Rp. 575.000 cukup dilakukan sekali seumur hidup, jangan lupa memberikan obat cacing Rp. 30.000 sekali selama tiga bulan, dan vaksin Rp. 235.000 sekali setahun.

Apabila anda benar-benar mencintai kucing anda, anda tidak akan tega memberikan obat KB, karena itu sangat berbahaya untuk si kucing, apabila anda benar-benar mencintai kucing anda pasti anda akan mencari informasi yang benar dan lebih baik mengeluarkan uang beberapa ratus ribu demi kesehatan kucing anda daripada memberikan obat yang harganya murah tetapi kucing anda mati.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat, dan satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah pemberian obat KB untuk kucing baik berupa pil dan suntik itu sangat berbahaya. Meskipun baru sekali diberikan tetap sangat membahayakan untuk si kucing.