Baharuddin Jusuf Habibie Dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Begini Keadaannya

17

Baharuddin Jusuf Habibie, Preiden Ketiga Republik Indonesia, menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Bj Habibie memperoleh perawatan intensif dari tim dokter kepresidenan. Prof dr Azis Rani, Ketua Tim DOkter Kepresidenan (TDK), Habibie dirawat di RSPAD Gatot Soebroto mulai Minggu, 1 September 2019.

Pada dini hari selasa, 10 September 2019 beredar kabar bahwa BJ Habibie meninggal dunia. Rubijanto, sekretaris pribadi BJ Habibie, membantah kabar meninggal tersebut. Rubijanto mengatakan bahwa kondisi BJ Habibie masih tertangani oleh tim dokter kepresidenan.

Bj Habibie telah ditangani oleh dokter spesialis dari berbagai bidang keahlian seerti penyakit dalam, ginjal dan jantung. Dr. Azis Rani, Ketua TDK, mengatakan bahwa saat ini BJ Habibie dalam pengawasan ketat dan harus banyak istirahat.

Dr. Azis Rani juga mengatakan bahwa BJ Habibie dalam perawatan sekarang diperlukan pengobatan yang komprehensif terkait berbagai gangguan organ yang terjadi. Setya Utama, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Jakarta, menambahkan juga bahwa sebanyak 44 orang tim dokter kepresidenan menangani Bj Habibie, 34 tim sebagai panel ahli di berbagai bidang .

Setya juga mengatakan bahwa ada 10 orang dokter pribadi presiden. Setya juga menuturkan bahwa seluruh biaya kesehatan Bj Habibie akan ditanggung pemerintah, hal itu sebagaimana diatur dalam Undang – Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan atau Administrasi Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden.

Para presiden dan wakil presiden serta keluarga inti dapat dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan utama seperti , RS TNI AU, RS TNI AL, RS Polri, RRS PMI Bogor dan RSPAD Gatot Soebroto. Susila Bambang Yudhoyono (SBY), ketua umum partai demokrat, batal membuka pertemuan pembekalan anggota legislatif periode 2019 – 2024.

Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, Ketua Fraksi Partai Demokrat, menuturkan bahwa SBY memutuskan untuk menjenguk presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie yang sedang menjalani perawatan di RSPAD Gatot SOebroto.

Ibas di dalam pembukaan Pertemuan Nasional Anggota Legislatif Partai Demokrat di JCC Senayan, Jakarta mengatakan bahwa SBY mendapatkan kabar bahwa mantan Presiden Ketiga Republik Indonesia sedang menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto dan memutuskan untuk menjenguknya. Ibas Kemudian mengajak seluruh kader Demokrat untuk mendoakan kesehatan dan kelancaran pengobatan BJ Habibie.

Dr. Azis Rani menuturkan bahwa Bj Habibie menjalani perawatan dan pengawasan yang sangat ketat. Dirinya pun menambahkan untuk memohon doa dari semua pihak agar Bj Habibie segera diberikan kesembuhan dan kesehatan sehingga bisa beraktivitas kembali.

Ma’ruf Amin, Wakil Presiden terpilih, juga menjenguk BJ Habibie di RSPAD Gatot Soebroto. Ma’ruf Amin menjenguk pada hari selasa pagi pukul 08.30 WIB. Hal ini dibenarkan Siti Ma’rifah, putri Ma’ruf AMin. Dirinya menuturkan bahwa selasa pagi, ayahandanya menjenguk dan mendoakan BJ Habibie agar bisa kembali sehat dan beraktivitas.

Menurutnya, negara masih membutuhkan sumbangsihnya. Dirinya pun berharap agar Bj Habibie sehat kembali dan bisa kembali beraktivitas dan aktif memberikan kontribusi terbaik untuk negara.