Bagian Mobil Yang Harus di Service Secara Berkala Selain Mesin

4

Mobil adalah kendaraan yang digunakan sehari-hari baik itu untuk jarak jauh ataupun dekat sebagai rutinitas anda setiap hari. Sering di gunakan tentunya perawatan mobil juga harus anda perhatikan. Tetapi, masih bingung atau tidak tahu perawatan komponen atau bagian-bagian mana saja yang wajib dan harus di perhatikan untuk service secara berkala?mari cari tahu informasinya disini.

Air Conditioner

Memiliki ac yang sejuk, bersih dan segar, tentunya akan memberikan kenyamanan saat berkendara atau ingin beristirahat di dalam mobil. Tapi, bagaimana jika ac tidak begitu dingin tetapi suhu sudah di setel sangat tinggi?hal tersebut harus patut anda cek.Hal tersebut yang sering di abaikan oleh pemiliki kendaraan akan permasalahan AC. Ac harus di service secara berkala dan itu sesuai dengan penggunaannya. Biasanya service ac dengan jarak 10.000 km( dalam kota) sampai dengan 20.000 km (luar kota) terhitung dalam kota bisa di lakukan service 1 tahun sekali. Nah, jika pemakaian ac di tempat yang berdebu, otomatis penggunaan ac akan lebih boros, dengan service ac 3000 km/tahun. Untuk proses service ac biasa dibutuhkan waktu kurang lebih 1 sampai  jam. JIka ada tanda-tanda seperti kebocoran pada pipa, kerusakan pada bagian evaporator dan kondensor, dan rusaknya kompresor itu pertanda ac anda harus segera di service.

Balancing dan spooring

Ini adalah bagian yang sangat jarang sekali diperhatikan oleh pengguna mobil, dan hal ini  harus di service secara berkala. Spooring adalah proses untuk meluruskan roda mobil bagian depan agar bisa lurus kembali seperti semula. Roda mobil bisa miring atau tidak lurus ini dikarenakan medan jalan bergelombang, tidak rata atau terdapat lubang yang mengakibatkan presisi roda mobil menjadi miring.  Balancing sendiri memiliki arti menyeimbangkan kembali. Yang artinya, menyeimbangkan kembali roda-roda mobil supaya tidak berat sebelah dengan cara penggantian ban dan juga velg. Jadi dengan rutin balancing dan spooring roda mobil anda akan tetap terjaga keseimbangan tanpa gangguan apapun.

Kaki-kaki mobil

Jalanan yang berlubang dan bergelombang membuat kaki-kaki mobil mudah rusak. Kaki-kaki mobil yang terdiri dari tierod, ball joint, booshing, dan stabilizer memiliki umur sekitar 5 tahun dengan perhitungan kecepatan 100.000 km. Jika ingin kaki-kaki mobil tidak  mudah rusak walaupun melewati dengan kondisi jalan yang rusak, cobalah untuk berkendara jangan terlalu kasar. Untuk penggantian alat-alat pada kaki bisa memakan waktu kurang lebih 3 jam.

Jadi, bukan hanya mesin saja yang harus dirawat. Komponen-komponen kecil seperti kaki mobil, ac, dan juga roda mobil memang harus di perhatikan dan di service secara berkala. Dengan menservice mesin dan juga komponen lainnya tentunya akan memberikan mobil menjadi lebih optimal dalam kinerjanya dan mobil menjadi awet walaupun mobil keluaran lama.