Bagaimana Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia?

40

Pemerintah selama ini terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan. Mengingat, kualitas pendidikan kita tertinggal jauh dari negara-negara maju. Bahkan,hasil survei mengatakan bahwa Negara Indonesia tertinggal ratusan tahun dari negara negara di eropa. Sedangkan majunya sebuah negara ditentukan oleh seberapa besar kualitas SDM di negara tersebut dan yang berperan meningkatkan SDM adalah kualitas pendidikan.

Pemerintah adalah lembaga yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Karena pemerintah adalah pengendali sistem pendidikan. Sehingga semua program harus disusun dengan sangat serius supaya menghasilkan pendidikan yang dapat menguasai tantangan jaman. Program-program yang baik adalah penentu baik tidaknya kualitas pendidikan. Sebagai contoh,saat ini pemerintah mengeluarkan kurikulum 2013 atau biasa disingkat kurtilas yang diharapkan bisa menjadikan siswa lebih aktif, kreatif serta memiliki akhlak yang baik. Sehingga sekolah dapat menciptakan lulusan yang berkompetensi dan berguna bagi masyarakat.

Namun, yang berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan tidaklah hanya pemerintah, objeknya yaitu guru dan murid juga sangat berpengaruh terhadap bagus dan tidaknya kualitas pendidikan. Guru tidak hanya sebagai pengajar yang hanya memberikan materi kepada muridnya. Namun, seorang guru harus bisa mendidik anaknya agar mereka tidak hanya memiliki ilmu tetapi juga memiliki sikap disiplin dan akhlak yang baik. Ilmu dan akhlak yang baiklah yang akan menentukan cerah dan gemilangnya masa depan Indonesia. Guru juga harus membimbing anak didiknya agar mereka tidak terjerumus dalam pergaulan bebas serta tidak salah dalam memilih dan mengambil keputusan. Dengan bimbingan guru siswa akan terhindar dari tindak kriminal dan kejahatan lainnya.

Tidak hanya guru,siswa juga sangat berperan dalam menentukan kualitas pendidikan. Karena yang menjadi tolak ukur tinggi dan rendahnya kualitas pendidikan adalah siswanya. Program pendidikan dan didikan guru tidak akan berguna apabila siswanya malas dan tidak menuruti perintah guru. Seorang siswa harus melawan rasa malas dan menjauhi kebodohan yang akan berdampak pada menurunnya kualitas pendidikan dan ekonomi negara. Maju dan sejahteranya negara ini ada ditangan siswa yang kelak akan menjadi pengendali roda pemerintah indonesia.

Selanjutnya yang berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah orang tua atau keluarga, karena para siswa tidak mungkin terus berada di sekolah. Ketika di luar sekolah maka orang tualah yang berperan sebagai pendidik dan pembibing anak. Banyak siswa yang melakukan tindak kriminal akibat dari kurangnya bimbingan dan perhatian dari orang tua. Orang tua harus lebih memerhatikan anaknya agar tidak terjerumus pada pergaulan bebas dan harus mendukung pembelajaran anaknya di sekolah serta menjalin komunikasi yang baik.

Kualitas pendidikan dapat meningkat dengan adanya kontribusi pemerintah, guru, siswa dan orang tua yang saling mendukung dan peduli terhadap pendidikan. Tanpa adanya saling mendukung, keinginan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia adalah angan-angan belaka. Serta Indonesia tidak akan mengalami kemajuan dan semakin tertinggal dari negara lain.