Bagaimana Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri?

41

Ada beberapa alasan sebagian orang mengeluh kurang bahagia dalam hidupnya. Selalu merasa terbebani dengan keadaan dan kondisi yang menerpa dirinya. Banyak sebagian pakar menyarankan untuk mencintai diri sendiri agar memperoleh kebahagiaan yang di inginkan.

Namun pertanyaannya, bagaimana sih cara mencintai diri sendiri? Berikut adalah beberapa cara atau langkah yang bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu agar lebih dapat mencintai diri sendiri.

1. Luangkan waktu untuk berdialog dengan dirimu sendiri

Ini adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan sebagai awal dari langkah mencintai diri sendiri. Kamu cukup luangkan waktu untuk dirimu sendiri dan mulailah berdiskusi. Cobalah untuk menanyakan siapa sebenarnya dirimu dan apa yang kamu inginkan. Dari sinilah nanti kamu dapat lebih mengenal dirimu, termasuk kebutuhan dan tujuan hidupmu. Dan mulailah untuk membuat langkah langkah penting dalam mencapai goals kamu.

2. Berhenti meletakkan kebahagiaan kepada orang lain

Jika kamu meletakkan kebahagiaan kepada orang lain, sama saja halnya dengan menipu diri kamu sendiri. Karena hal yang membuat diri kamu benar-benar bahagia adalah dirimu sendiri. Kamu bahkan masih bisa untuk tetap bahagia meski tanpa ada orang lain disekitarmu.

3. Berhentilah berfokus pada kekurangan diri sendiri

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, karena setiap orang pasti memiliki kekurangan. Sudah sering mendengarnya bukan? Lantas, kenapa masih harus bersedih memikirkan kekurangan diri sendiri? Permasalahan terbesar dalam hidup adalah tidak dapat menerima keadaan dirinya sendiri secara sepenuhnya. Padahal setiap orang pasti memiliki kelebihan masing-masing. Berfokuslah pada kelebihanmu, dan berusahalah untuk terus memperbaiki diri.

4. Jangan merasa tidak berharga

Seorang postdoctoral dari Brandeis University, Juliana Breines Ph.D., mengatakan bahwa perasaan tidak berharga dan membenci diri sendiri dapat mengganggu hubungan, cenderung meremehkan cinta orang lain, dan memandang orang lain dari sudut pandang negatif. Selain itu, orang yang merasa tidak berharga cenderung kurang percaya dengan cinta, dan menganggap dirinya kurang pantas untuk mendapatkan kebahagiaan. Agar tidak terjebak dalam sudut pandang yang negatif, maka mulailah untuk menghargai diri kamu sendiri.

5. Percaya diri dan yakin

Jangan pernah merasa minder, berusahalah untuk tetap percaya diri. Ingat kamu tidak perlu pengakuan dari orang lain agar dapat membuatmu bahagia. Cukup yakinkan pada diri kamu sendiri bahwa kamu layak dan patut untuk bahagia. Dan cobalah untuk memandang diri sendiri sebagai orang yang pada dasarnya baik yang layak dicintai, tanpa perlu membuktikan diri sendiri atau mengalahkan orang lain.

Itu adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar bisa mencintai diri kamu sendiri. Ingat, cintailah diri kamu seperti kamu ingin di cintai. .