Awas Diabetes Mengintai! Berikut 8 Cara Turunkan Kadar Gula Tinggi Dalam Darah!

45

Bagi penderita diabetes tentunya untuk memilih menu makanan, minuman ataupun cemilan haruslah pintar-pintar dalam memilihnya supaya kadar gula dalam tubuh tidak tinggi. Jangan khawatir ada banyak makanan dan minuman yang bisa menjaga kadar gula anda tidak naik.

Selain makanan dan minuman ada cara lain juga yang bisa menyeimbangkan kadar gula tidak naik. Berikut ini cara mengatasi kadar gula dalam darah agar tetap stabil dengan berbagai cara:

1. Konsumsi Kayu Manis

Kayu manis ternyata bisa mengatasi penurunan kadar gula dalam tubuh. Walaupun menjadi perdebatan, tapi kayu manis memang benar-benar bisa di manfaatkan untuk mengatur dan mengontrol kadar gula alam tubuh. Sebuah penelitian telah membuktikan jika anda mengkonsumsi 1 gr, 3 gr dan 6 gr kayu manis selama 40 hari.

2. Makanan

Ikan yang mengandung omega 3 (Ikan Salmon, Ikan Trout, Ikan Tuna, Ikan Kembung, Ikan Halibut) sangat bagus dan bermanfaat untuk menurunkan dan menstabilkan kadar gula dalam tubuh. Sedangkan untuk sayuran ada bagusnya memilih sayuran hijau yang memiliki serat tinggi seperti bayam, selada, lobak dan kubis.

3. Rutin Berolahraga

Rajin berolahraga setiap hari akan mudah menurunkan berat badan bagi yang memiliki berat badan berlebih. Berolahraga berfungsi untuk meningkatkan hormon insulin dalam tubuh. Dengan begitu, sel-sel yang bekerja dalam akan memanfaatkan gula dalam tubuh dan mengalir dalam darah dengan sangat efektif.

4. Istirahat Cukup

Beristirahat dengan cukup sangat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Jika anda kurang tidur akan mengakibatkan insulin di dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik. Dengan begitu gula dalam tubuh akan cepat meningkat.

5. Minum Air Putih yang Banyak

Perbanyak minum air putih bisa sangat membantu ginjal membuang kadar gula darah yang berlebih melalui urin.

6. Cek Gula Darah

Cek gula darah anda secara rutin beberapa kali dalam seminggu jika anda memang memiliki riwayat diabetes atau memang ada keturunan memiliki penyakit diabetes. Biasanya, kadar gula darah jika tinggi belum mencapai  diatas 200 mg/d tidak akan menimbulkan gejala. 

7. Konsumsi Buah

Buah yang bagus untuk menurunkan kadar gula dalam darah yaitu buah yang berserat dan memiliki antioksidan seperti Alpukat, Apel, Kiwi, Mangga, Stroberi, Pir dan Ceri. Yang harus di perhatikan untuk pemilihan buah yang sehat adalah buah yang masih segar dan bukan buah yang kering.

Buah kering memiliki kandungan serat lebih rendah dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Dan hal tersebut harus benar-benar di perhatikan.

8. Konsumsi Susu

Bagi penderita diabates ada baiknya minum susu dengan susu skim, youghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak. Dan tidak di anjurkan mengkonsumsi susu full cream, es krim, youghurt dan keju. 

Itulah 8 cara membantu menurunkan kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Cobalah untuk terapkan hidup sehat, karena sehat tidaklah mahal jika dibandingkan dengan sakit.