Asal Mula Warna Pelangi Menjadi Identitas Kaum Gay

65

Kaum Gay sangat identik dengan bendera pelangi. Oleh sebab itu, sering kali mereka disebut sebagai kaum pelangi. Bendera pelangi ini diciptakan oleh seorang aktivis gay Internasional yang juga merupakan salah seorang tentara veteran Amerika Serikat, Gilbert Baker sekitar tahun 1970-an. Banyak yang berasumsi bahwa warna pelangi dipilih Baker karena ia terinspirasi dari lagu Over the Rainbow yang dinyanyikan oleh Judy Garland. Selain sebagai seorang aktivis gay Amerika Serikat, Gilbert Baker juga merupakan seorang tukang jahit yang mahir dan sangat mencintai fashion.

Bendera pelangi ini pertama kali dipromosikan pada saat perayaan dua abad kemerdekaan. Sebenarnya, Baker memutuskan untuk mendesain bendera pelangi untuk kaum gay atas sokongan dari Harvey Milk, salah seorang kaum gay yang ada di San Francisco yang sempat menduduki jabatan pemerintahan.

Di masa awalnya, kaum gay dilambangkan dengan segitiga merah jambu oleh kaum Hitler, Nazi. Ketika pembantaian komunitas sesama jenis ini, kelompok Nazi mengurung mereka dan memberi lambang segitiga merah jambu pada setiap pakaian mereka.

Menurut Gilbert Baker, ia memilih bendera dengan warna pelangi karena pelangi memiliki makna kekuatan. Sebagai seorang waria, ia memiliki kecenderungan menyukai warna-warna cerah dan bergaya flamboyant ala 1970-an.

Sebenarnya, warna pelangi sebelum dicapkan kepada kaum gay, pernah menjadi lambang bagi beberapa komunitas di luar penyuka sesama jenis ini, yaitu:

a. Sejak akhir abad ke 15, warna pelangi telah digunakan oleh Thomas Munzer, yaitu seorang Teolog Jerman. Warna tersebut ia gunakan untuk khutbah-khutbahnya yang reformis. Warna-warna ini digunakan untuk mendapatkan perhatian oleh para aktivis keagamaan dan aktivis sosial untuk masalah-masalah yang mereka hadapi.
b. Bendera pelangi juga diyakini telah muncul pada Perang Petani di Jerman, sebagai bentuk simbol perubahan.
c. Sekitar abad ke 18 masehi, seorang tokok revolusioner keturunan Amerika-Inggris yang juga merupakan seorang penulis yang bernuanasa politik yang dipengaruhi Thomas Pain menyarankan agar menggunakan warna pelangi sebagai bendera-bendera yang mengidentifikasi kapal-kapal yang netral.
d. Di akhir abad ke 19 masehi, warna pelangi juga digunakan kaum Budha di Sri Lanka sebagai lambang pemersatu keyakinan mereka.
e. Bendera pelangi juga digunakan oleh bangsa Indian untuk mengenal pemimpin mereka yang bernama Meher Baba.