Artist yang Dikabarkan Pernah Pindah Agama

22

Beberapa Artist yang dikabarkan pindah agama sampai sepanjang tahun 2019.

Memeluk agama adalah sesuatu yang sudah bias dikatakan wajib bagi warga di Indonesia, sesuai dengan sila pertama Pancasila : “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Pemerintah Indonesia meresmikan 6 agama yang berlaku di Indonesia yaitu Kristen, Islam, Khatolik, Hindu, Budha, dan konghuchu.

Setiap orang di Indonesia berhak memeluk agama sesuai dengan kepercayaan dan keinginannya sendiri tanpa ada paksaan dan tekanan dari orang lain. Bahkan ada undang-undang yang memberikn sanksi pada mereka yang memaksakan suatu agama kepada orang lain.

Bahkan artist di Indonesiapun juga memiliki hak untuk memeluk agama sesuai keyakinan dan keinginannya sendiri, termasuk untuk berpindah keyakinan. Berikut beberapa deretan artist Indonesia yang dikabarkan berpindah keyakinan dari agama sebelumnya.

Roger Danuarta

Aktor tampan Roger Danuarta memutuskan untuk memeluk agama islam sempat membuat heboh publik. Pasalnya mantan kekasih Sheila Marcia itu sudah memeluk Islam sejak Oktober 2018 lalu, akan tetapi berita tentang mualaf-nya baru terungkap oleh publik sekitar tahun 2019 lalu.

Roger diketahui masuk Islam atas kemauannya sendiri. Dia mengucapkan dua kalimat syahadat di rumah Ustaz Insan Mokoginta di Bekasi. Tak lama setelah itu, Roger menikahi artis cantik Cut Meyriska di tahun yang sama.

Deddy Corbuzier

Mantan mentalis terbaik dunia Deddy Corbuzier resmi masuk Islam setelah mengucapkan dua kalimat syahadat di Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Yogyakarta pada Jumat, 21 Juni 2019, di bawah bimbingan Gus Miftah.

Masuk Islam-nya Deddy menjadi kabar bahagia bagi sebagian umat Muslim di penjuru negeri, mengingat Deddy adalah sosok selebriti yang dijadikan panutan karena nasihat-nasihatnya yang baik. Sempat ada yang bilang kalau Deddy masuk Islam itu karena pasangannya saat ini, namun bapak berusia 42 tahun itu menegaskan bahwa ia memilih mualaf bukan kerena wanita, tetapi karena takjub sama agama Islam.

Kiki Fatmala

Mantan bintang film Kiki Fatmala dikabarkan pindah keyakinan dari Islam ke Kristen. Pasalnya ada beredar video artis berusia 50 tahun itu sedang dibaptis di kolam renang. Videonya pun viral setelah tersebar luas di media sosial. Menanggapi isu tersebut, Kiki tidak memberikan pernyataan resmi. Dia tidak mengeluarkan sepatah katapun terkait isu pindah agamanya.

Salmafina Sunan

Putri kandung pengacara kondang, Sunan Kalijaga, Salmafina Sunan, memutuskan untuk berpindah agama dari Islam ke Kristen. Ia mantap berpindah agama sejak 2018 lalu, dan publik baru mengetahui hal tersebut di 2019.

Dalam unggahan video di Instagram pribadinya, Salmafina mengaku bahwa dirinya berpindah agama karena keinginannya sendiri, tanpa ada campur tangan  atau paksaan dari orang lain. Bahkan ia membantah bahwa kekasih bulenya kala itu, yakni Charlie, menjadi alasan dirinya ingin berpindah agama.

Steve Emmanuel

Aktor Steve Emmanuel Hakim, telah menganut agama Islam sejak 2008 silam. Kala itu, Steve resmi menjadi mualaf usai dibimbing oleh Habib Rizieq saat mengucapkan dua kalimat syahadat di markas FPI. Dirinya bahkan memiliki nama Islam, yakni Yusuf Iman.

Akan tetapi, dalam sidang kasus narkoba yang yang sempat menjeratnya, hakim dari Pengadilan Negeri Jakarta Barat sempat membacakan biodata Steve, dan ternyata diketahui bahwa dirinya kembali menganut agama Kristen

Reza Arap

Reza Arap sempat membuat publik geger dengan pengakuannya bahwa dirinya sudah bukan Islam lagi. Hal itu dibuktikan sang youtuber dengan menghilangkan nama depannya, yakni Muhammad. Hal ini diklarivikasi di video podcast youtube milik Deddy Corbuzier. Reza mengaku saat ini ia belum memeluk agama apapun dan masih dalam tahap pencarian jati diri.

Pemerintah Indonesia membebaskan warganya untuk memeluk agama tertentu yang sudah diresmikan oleh pemerintah, termasuk juga dalam hal berpindah agama. Berpindah agama adalah keputusan pribadi dan pemerintah tidak mempermasalahkannya, bahkan tidak boleh ada orang yang menghalangi orang untuk berpindah keyakinan imannya.