Arab Saudi Keluarkan Kebijakan Untuk Menarik Wisatawan Asing

12

Arab Saudi, 07 Oktober 2019 telah mengeluarkan kebijakan baru yaitu memperbolehkan wisatawan asing yang berkunjung ke Arab Saudi boleh menginap di hotel meskipun belum menikah. Inilah suatu kebijakan yang baru dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi dengan tujuan menarik perhatian wisatawan asing agar berkunjung ke Arab Saudi..

Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional Arab Saudi juga ikut memberikan suara bahwa wisatawan asing yang berkunjung ke Arab Saudi saat ingin bermalam di hotel yang ada di negara tersebut  tidak dituntut untuk menujukkan bukti apakah dia sudah menikah atau belum.

Padahal sebelumnya, negara ini sangat ketat mengawasi baik wisatawan asing ataupun lokal jika ingin bermalam di hotel maka harus menujukkan identitasnya terlebih dulu. Identitas yang ingin dilihat dari pasangan yang akan bermalam di hotel ialah bahwa benar pasangan tersebut ialah pasangan suami istri.

Kebijakan yang dikeluarkan saat ini hanya berlaku untuk wisatawan asing  yang berasal dari 49 negara. Target yang ingin dicapai ialah peningkatan sector pariwisata. Ini juga bentuk penunjang ekonomi negara agar tidak terpaku pada hasil minyak saja. Bahkan bagi para wisatawan asing yang berjenis kelamin perempuan saat ini diperbolehkan untuk tidak memakai kerudung atau penutup kepala, namun tetap menggunakan pakaian yang sopan.

Namun bukan berarti dengan dikeluarkan kebijakan ini maka semua hal yang sebelumnya dilarang dilakukan oleh para wisatawan asing diperbolehkan untuk dilakukan. Karena penggunaan alcohol masih tetap dilarang.

Namun kebijakan awal dimana semua penduduk Arab Saudi jika ingin menginap di hotel harus menunjukkan identitas ini, masih berlaku untuk semua masyarakat Arab Saudi. Warga lokal khususnya diwajibkan menunjukkan kartu identitas pernikahan jika ingin bermalam bersama pasangan di hotel.

Untuk warga perempuan khususnya perempuan dari negara Arab Saudi jika ingin bermalam di hotel bisa menyewa kamar hotel sendiri dan menginap sendirian dan juga diwajibkan untuk menunjukkan kartu identitas jika ingin bermalam.

Kebijakan terkait bermalam di hotel ini  berpeluang membuat jumlah para wisatawan meningkat ke Arab Saudi. Ini disebabkan adanya kelonggaran visa dan tentunya ini cukup memudahkan bagi para wisatawan asing untuk menikmati suasana Arab Saudi. Peraturan negara ini yang dulunya berfokus kepada urusan bisnis dan wisata religi namun kebijakan baru tersebut bisa menjadikan negara Arab Saudi sebagai target negara liburan atau berwisata.

Sumber : international.sindonews.com