Apakah Hubungan Antara Emosi Dengan Tremor Seseorang?

11

Pernahkah Anda sedang mengerjakan sesuatu lalu tangan terasa gemetaran parah, atau tidak bisa stabil? Tahukah Anda bahwa itu pertanda tremor. Tapi jangan khawatir karena hampir semua orang pernah mengalami tremor. Misalnya saat mengangkat satu kaki pasti kita akan merasa tremor.

Menurut penelitian dari dokter spesialis saraf di Eka Hospital, BSD, dr. Herianto Tjandradjaja, Sp.S, “Tremor bukanlah suatu penyakit, kondisi ini pasti pernah dialami oleh setiap orang memang tidak setiap tremor selalu nampak ada juga tremor yang tidak nampak” Karena ada sebagian tremor yang merupakan keturunan genetic. Tetapi ada beberapa tremor yang wajib diwaspadai karena bisa jadi itu sebuah pertanda penyakit.

Memang jika kita mengalami tremor berlebih ini akan menghambat pekerjaan kita. Karena pekerjaan yang kita lakukan jadi tidak maksimal akibat tremor.

Pengertian Tremor

Berbicara tentang tremor, apakah pengertian tremor itu? Tremor merupakan gerakan tubuh yang tidak terkontrol dari bagian tubuh tertentu misalnya tangan. Tremor dapat dipicu oleh beberapa keadaan misalnya emosi, stress dan kelelahan. Tremor juga berkaitan erat dengan emosi. Karena emosi sendiri merupakan perasaan intens yang menunjukkan suasana hati saat itu. Emosi juga merupakan bentuk suatu ekspresi ketika kita menghadapi sesuatu seperti senang, marah, sedih ataupun rasa takut.

Apalagi saat Anda merasa takut atau merasa marah emosi Anda akan lebih besar dan merasa gugup atau tidak bisa mengendalikan tubuh. Saat itulah tremor dapat muncul. Karena tremor muncul disaat emosi yang kuat seperti rasa takut, kecemasan, panik, serta marah. Oleh karena itu Anda perlu memanajemen emosi Anda dengan baik.

Anda juga perlu untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran Anda. Karena tubuh yang mengalami depresi yang tinggi juga mudah terkena tremor, dan yang pasti akan mengganggu aktivitas sehari-harimu. Minumlah teh herbal untuk merileksasikan pikiran Anda, gunakan aromatherapy juga bisa menstabilkan emosi, Yoga juga bisa menjadi salah satu pilihan karena yoga dapat menenangkan raga Anda.

Tremor yang muncul karena emosi, stress atau pressure yang tinggi biasa disebut tremor esensial. Karena tremor ada dua macam, yakni tremor esensial dan tremor somatic.

Apakah tremor esensial itu? Tremor esensial merupakan tremor yang terjadi pada kedua tangan secara bersamaan. Tremor esensial sendiri dibagi menjadi dua macam yakni tremor senilis (karena faktor usia). Tremor senilis ini terjadi karena usia yang sudah tidak lagi muda yakni 50 tahun keatas, karena semakin bertambah usia semakin berkurang pula fungsi otak.

Untuk tremor familial yang disebabkan oleh keturunan genetik. Tremor ini akan terjadi pada usia 20-30 tahun. Makin banyak penderita tremor dalam satu family akan semakin mudah dideteksi.

Pada tremor esensial tidak hanya terjadi pada sekujur tangan, tetapi dapat juga terjadi pada kepala, rahang, dan lidah yang menyebabkan suara menjadi goyah.