Apa Penyebab Ilmiah Jari Tangan Kaku Tidak Bisa Ditekuk?

52

Sebagian orang pasti pernah mengalami kekakuan pada beberapa bagian tubuh, tidak terkecuali pada bagian jari. Pernahkah Anda mengalami tiba-tiba jari sulit untuk digerakan dan terasa sakit dan nyeri tiba-tiba. Keadaan semacam ini akan sangat mengganggu Anda untuk beraktivitas sehari-hari.

Menurut beberapa penelitian, biasanya tendon atau gelendong daging pada bagian jari tangan akan mengalami kaku karena tendon tersebut mengalami peradangan. Terutama saat Anda menekuk dan akan membalikan kondisi awal jari Anda. Segera lakukan langkah awal berikut agar jari tangan Anda yang kaku segera tertangani dengan benar.

Diagnosa Gejala Jari Tangan yang Kaku

Kondisi jari tangan yang kaku saat nyeri sendi mungkin merupakan gejala awal penyakit tertentu apabila kondisi jari tangan yang kaku sering dialami. Kondisi ini biasanya akan rutin Anda alami saat pagi, siang atau sore hari. Segeralah untuk berangkat memeriksakan ke dokter terdekat atau puskesmas.

Melalui dokter, Anda akan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada gejala yang Anda alami tersebut. Biasanya Anda akan diminta untuk Ct scan atau MRi untuk mengetahui kondisi di dalam jari Anda. Jangan sekali-kali membeli obat sendiri dari luar, ikutilah petunjuk dokter yang menangani kondisi gejala yang dialami. Beberapa penyakit biasanya mengalami gejala jari kaku ini diantaranya arthritis yaitu penyakit yang sering menyerang persendian.

Obati Jari Tangan

Kondisi ini akan sering menyulitkan Anda saat mengalami jari kaku. Apalagi kondisi ini selalu rutin dialami setiap hari. Ada beberapa obat ampuh untuk menangani dengan benar dan selalu obati sesuai petunjuk dokter.

  • Gunakan ekstrak teripang

Beberapa penelitian menunjukan bahwa ekstrak dari teripang dapat menyembuhkan penyakit jari kaku. Ada senyawa aktiv yang dikandung dapat membantu untuk kesembuhan jari kaku, proteinĀ  sebanyak 86%, kolagen 80%, mukopolisakarida, glucosamin, antiseptic alamiah, kondroitin, omega 3, omega 6 dan omega 9, asam amino, lektin. Serta kandungan vitamin dan mineral yang dikandung oleh ekstrak teripang ini akan membantu kesembuhan secara total saat mengalami jari kaku.

  • Ramuan Kunyit

Seringkali dikeluhkan sulit untuk menemukan teripang karena situasi dan kondisi yang dialami. Maka kunyit merupakan alternatif obat untuk penyakit atau gejala jari kaku ini. Pergunakan air sebagai tambahan kunyit dan gula merah agar manis rasanya. Rutin minum selama beberapa hari untuk menghilangkan penyakit jari kaku secara keseluruhan.

  • Jinten Hitam Sebagai Obat

Mungkin tidak ada yang mengira bahwa jinten hitam dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi jari kaku. Caranya cukup sederhana yaitu dengan merebus jinten hitam dan secara rutin dikonsumsi pada pagi dan sore hari.

Dengan mengkosnusmi secara teratur, manfaat yang terkandung didalam jinten secara berangsur-angsur dapat menyembuhkan penyakit jari kaku secara permanen.