Apa Itu Diskusi?

19

Diskusi tidak mungkin dilakukan dengan seseorang yang mengaku tidak mencari kebenaran, tetapi sudah memilikinya (Romand rolland).

Dahulu ketika zaman Presiden Soeharto, kalau mahasiswa tidak kiri itu tidak eksis. Karena waktu itu jamannya melawan rezim otoriter. Jadi jika ingin eksis, maka satu-satunya cara adalah melawan rezim. Istilahnya adalah Left is Right pada waktu itu. Oleh karena itu diskusi adalah aktivitas yang paling fundamental pada mahasiswa kala itu.

Lantas bagaimana dengan ke-eksis-san mahasiswa saat ini? Kemudian bagaimana melakukan diskusi pada saat ini? Bagaimana jika diskusi itu tentang pluralisme atau sekuler? Bukankah itu hal yang paling sensitif di kalangan publik? Oke, mari kita bahas satu-satu.

Salah satu penghambat critical thinking adalah fanatisme termasuk kulturalisme juga antipati terhadap pemikiran global. Bahwa paham sekuler dianggap atheis dan segala macam lainnya, itu adalah obstacle dari critical thinking tadi, dan sialnya orang-orang tidak mau pergi pada pendalaman.

Contohnya kalau saya bilang tentang hal-hal yang berbau atheis dan ternyata menurut kebanyakan orang itu bertentangan pada Pancasila, justru menurut saya Pancasila itu mengandung atheisme. Pasti banyak orang yang marah akibat pernyataan tadi, karena orang telah di brief untuk melihat Pancasila pada sila pertama.

Dalam forum akademis saya akan terangkan bahwa sila kedua yang berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”  itu adalah atheisme, humanisme itu adalah atheisme, sila kedua itu adalah salah satu versi lain dari atheisme. Apa artinya kemanusiaan yang dimaksud pada sila kedua Pancasila?

Artinya untuk berbuat baik, orang tidak perlu pergi pada pahala di surga. Itu adalah esensi dari humanis, karena anda melakukan kebaikan itu adalah untuk demi kebaikan itu sendiri. Kalau kita melakukan kebaikan tersebut hanya semata-mata untuk mendapatkan pahala di surga, artinya kebaikan itu palsu.

Tapi cukup tidak daya tahan masyarakat intelektual kita bertahan untuk bertengkar pemikiran hingga ke tahap itu? Humanisme itu adalah ideologi di abad 17 justru diciptakan untuk menghentikan dominasi teologi, gereja terutama pada waktu itu, karena kerajaan di Eropa waktu itu membenarkan diri dengan menganggap bahwa raja itu adalah titisan Tuhan.

Ketika itu kepala Raja Louis XVI terpisah dari badannya di suatu pagi di alun-alun Kota Paris yang menyebabkan orang mengetahui bahwa ternyata kepala raja tidaklah suci, buktinya kepala raja bisa mental oleh pisau.

Dan dari situlah kita sadar bahwa kekuasaan itu adalah demi hak rakyat untuk mengatur diri sendiri, bukan diatur oleh sistem-sitem teologi. Dari situlah kita mengetahui demokrasi, dari situlah kita mengetahui tentang humanisme. Karena pada humanisme tadi bekerjalah sebuah tiga prinsip.

Yaitu Liberte, Egalite¸Fraternite yang artinya Kebebasan, Kesetaraan, dan Persaudaraan antar manusia. Bukan manusia dengan Tuhan. Dengan cara itu kita bisa mengetahui bahwa peristiwa tersebut adalah asal-usul dari sekulerisme.

Terus kalau seperti darimana sila kedua itu dibuat? Ya pastinya Bung Karno membaca buku Revolusi Prancis pada saat merumuskan Pancasila. Padalah supaya Pancasila itu menjadi peralatan berpikir, Pancasila mesti menjadi metode. Metode itu artinya bisa di kritik, dan justru Pancasila bisa menghasilkan pikiran baru.

Oleh karena itu Pancasila harus menjadi ideologi terbuka bukan tertutup. Tertutup artinya membenarkan dirinya sendiri. Pada akhirnya mahasiswa justru menghindari diskusi tadi atau malah kacau diskusinya akibat fanatisme tadi. Mahasiswa justru ingin selalu di tengah karena dianggap netral.

Padahal netral itu artinya adalah bukan berdiri di tengah, akan tetapi netral itu artinya tidak di dikte atau tidak di brief oleh siapapun, netral itu artinya independen dan berdikari pada pemikiran sendiri. Justru yang berdiri di tengah itu tidaklah netral, karena dia tidak mau ambil sikap.

Diskusi adalah salah satu pergerakan mahasiswa. Pergerakan mahasiswa adalah pergerakan intelektual, jadi jika intelektual sudah bergerak tidak akan ada yang bisa menghentikan pergerakan tersebut kecuali oleh pemilik intelektual itu sendiri. Terima kasih.