Apa Aja Sih Keuntungan Menjadi Freelancer? Yuk, Cari Tahu di Sini

52
image/pinterest

Bekerja sebagai seorang freelancer atau tenaga lepas kadang dipandang sebelah mata oleh beberapa orang. Alasannya karena seorang freelancer terlihat seperti tidak mempunyai pekerjaan dan hanya di rumah saja, dan tidak pergi bekerja ke kantor seperti kebanyakan orang. Selain itu, mereka juga menganggap bahwa tenaga lepas mempunyai gaji yang tidak banyak.

Namun, anggapan mereka salah. Walaupun di rumah saja, pekerja lepas juga mempunyai pekerjaan lho. Dan, soal pendapatan, bisa juga seorang freelancer mempunyai pendapatan yang tinggi asalkan konsisten, ulet dan bekerja keras dalam menekuni pekerjaannya.

Dan, jika mereka tau apa saja keuntungan yang mereka peroleh jika mereka menjadi seorang freelancer, mereka pasti akan mengikuti jejak seorang tenaga lepas. Yuk, baca beberapa keuntungan menjadi seorang freelancer atau tenaga lepas.

  • Bisa Bekerja Kapan Saja dan di Mana Saja

Keuntungan tersendiri bagi seorang freelancer atau tenaga lepas adalah fleksibilitas waktu dan tempat. Di sini kalian tidak perlu datang ke kantor dan terikat jam kantor. Kalian bisa menentukan sendiri kapan kalian akan bekerja dan di mana kalian akan bekerja, disesuaikan dengan deadline yang ada, meski mungkin sudah tanda tangan kontrak dengan perusahaan atau penerbit.

Yang pertama tentang fleksibilitas waktu. Jika kalian sibuk di pagi hari, kalian bisa mengerjakan di siang atau malam hari. Namun, sebagian besar tenaga lepas, mengerjakan pekerjaannya di malam hari. Karena apa? Karena, di pagi hari seorang freelancer akan mengerjakan pekerjaan rumah, seperti bersih – bersih rumah, dan memasak. Selain itu, biasanya ide sering muncul pada malam hari karena suasananya lebih tenang.

Yang kedua, tentang tempat kalian bekerja. Di sini kalian bisa memilih tempat kerja kalian asalkan ada fasilitas internet. Jika kalian bosan bekerja di rumah dan butuh suasana baru, kalian bisa bekerja di kafe sambil nongkrong – nongkrong cantik dan menikmati makanan di kafe.  Atau jika kalian sedang dalam perjalanan, kalian bisa mengerjakan pekerjaan kalian di sela – sela perjalanan, seperti di kereta api.

  • Punya Banyak Waktu dengan Keluarga

Ingin punya waktu yang lebih banyak dengan keluarga? Kalian bisa mencoba menjadi tenaga lepas. Kalian tidak akan terikat dengan jam kerja seperti di kantor atau mungkin lembur, karena seorang freelancer bisa menentukan jam kerjanya sendiri sesuai dengan project yang ada. Jadi, kalian bisa mempunyai banyak waktu luang dengan keluarga. Kalian bisa mengisi waktu luang dengan liburan bersama atau sekedar makan bersama dengan keluarga.

Selain itu, menghabiskan waktu luang kalian dengan keluarga juga bisa dijadikan inspirasi. Misalnya, kalian liburan dengan keluarga di sebuah kota, kalian bisa menjadikan kota tersebut sebagai objek tulisan kalian. Kalian bisa menulis tentang tempat wisata ataupun kuliner khas kota tersebut.

  • Bisa Mencoba Hal – Hal Baru

Keuntungan yang lain yang bisa kalian peroleh sebagai tenaga lepas adalah kalian bisa mencoba hal – hal baru. Karena dengan adanya fleksibilitas waktu dan tempat kalian mempunyai waktu luang yang lebih dibandingkan dengan pekerja kantoran. Waktu luang inilah yang bisa kalian manfaatkan untuk mencoba hal – hal baru, seperti membuat keterampilan, ikut kelas memasak ataupun yang lainnya.

Dengan mencoba hal – hal baru, kalian bisa memiliki keterampilan lebih. Dan keterampilan baru kalian mungkin bisa kalian gunakan untuk membuka usaha baru dan bisa menambah penghasilan.

Tidak ada salahnya dengan kalian yang memilih dan memutuskan untuk menjadi seorang freelancer atau tenaga lepas karena ternyata banyak keuntungan yang bisa diperoleh yang mungkin tidak bisa diperoleh oleh pekerja kantoran. Tetap semangat dengan pilihan kalian. Have a nice day!