Andrea Dovizioso: Sosok Pembalap MotoGP Tercepat di Dunia

45

Perlombaan motor tercepat di dunia untuk saat ini masih menjadi tren. Bagaimana tidak, ini adalah musim yang sudah ditunggu-tunggu karena menghadirkan berbagai pembalap kelas dunia di sirkuit Thailand. Thailand sempat mendapat pujian karena kinerja tim mereka dalam mengatur perlombaan mendapat pujian dari pihak motoGP sendiri. Mereka juga patut berbangga karena kedatangan belasan pembalap kelas juara dunia mulai dari Jorge Lorenzo hingga Valentino Rossi.

Namun belum banyak yang tahu motoGP banyak menyimpan sejarah besar, mulai dari juara dunia terbanyak hingga pembalap tercepat di dunia.  Menjadi pembalap tercepat memang bukan perkara yang mudah, pasalnya banyak pertaruhan yang harus dikeluarkan untuk menunggangi motor dengan kecepatan maksimal, apalagi di jalanan yang berbelok pastinya akan sangat menyulitkan bahkan untuk sekelas pembalap sekalipun.

Sangat sering terjadi pembalap jatuh saat berada di tikungan tajam sirkuit balapan, meskipun dengan perlengkapan canggih agar pengendara aman, tetap saja tikungan memakan korban. Bahkan untuk pembalap kondang Valentine Rossi. Rossi pernah dikabarkan bahwa kualitas dalam membalapnya menurun karena trauma berat yang di derita setelah kecelakaan fatal yang membuat kakinya patah.

Meskipun isu tersebut dipatahkan dengan bukti Rossi masih sering menjuarai motoGP meskipun sudah tidak seaktif dulu. Berbagai pertimbangan tersebut membuat para pembalap juga berpikir dua kali untuk melaju pasti dengan kecepatan penuh. Namun ada juga pembalap yang entah karena nekat atau karena kemampuan mereka yang mumpuni mmampu menciptakan rekor sebagai pembalap tercepat motogp di dunia. Bahkan menjadi pembalap tercepat sepanjang sejarah.

Siapakah dia? Pembalap tersebut adalah Andrea Davizioso. Ia adalah seorang pembalap motoGP yang mampu mengalahkan capaian tercepat sebelumnya yang dipegang oleh Andrea Iannone. Andrea Davizioso  merupakan pembalap keturunan Italia 32 tahun lalu tepatnya pada tanggal 23 Maret 1986.

Andrea Davizioso  mencetak poin tercepatnya dengan kecepatan 356,4 km/jam, mengalahkan Andrea Iannone yang mencapai kecepatan 354,9 km/jam. Andrea Davizioso  sendiri mencetak rekor kecepatan tertinggi pada tahun 2018. Pastinya suatu kebanggaan tersendiri bagi Andrea Davisiozo karena mampu menciptakan rekor kecepatan tertinggi di dunia.

Andrea Davizioso memang tidak banyak diketahui selayaknya Rossi dan Marquez, namun prestasinya tersebut tidak bisa diabaikan begitu saja oleh pecinta motoGP, Andrea Davizioso mampu bertahan sejak pertama tampil pada tahun 2001 dengan menjadi juara pada European championship. Sejak saat itu Andrea Davizioso berkelana menjelajahi motoGP dengan berbagai kelas cc. 

Dengan usianya yang sudah menginjak 32 tahun performanya di jalanan sirkuit masih saja masih tinggi. Terbukti dengan rekornya menjadi pembalap tercepat. Pastinya Andrea Davizioso menjadi salah satu saingan yang patut diwaspadai terutama di sirkuit Thailand tahun ini. Penampilannya bersama para juara dunia ditunggu-tunggu oleh para pecinta motoGP yang sudah penasaran dengan kemahirannya di jalanan sirkuit Thailand pada musim ini.