Anda Suka Berkebun? Ini Dia 7 Manfaat Berkebun Untuk Kesehatan

15

Siapa yang suka dengan berkebun? Ternyata berkebun memiliki arti yang sangat penting bagi kesehatan loh guys. Kok bisa ya? Saat anda berkebun tentunya banyak sekali aktivitas yang akan anda lakukan, contohnya seperti menggali tanah, memotong rumput yang sudah panjang, memangkas tanaman yang sudah lebat dan butuh di pangkas, menanam berbagai bunga dan tanaman, memberikan pupuk untuk nutrisi tanaman, menyiram tanaman dan masih banyak lagi kegiatan.

Selain memberikan kesehatan untuk tubuh, berkebun juga dapat mempercantik halaman rumah anda. Jika anda memiliki lahan yang kosong, tidak ada salahnya untuk mencoba berkebun. Lalu, apa saja sih manfaat berkebun bagi kesehatan kita? yuk simak informasi berikut ini :

1. Berat Badan Berkurang

Saat kamu bergerak melakukan segala macam aktivitas saat berkebun, tanpa kamu sadar tubuh mengeluarkan banyak kalori dengan pembakaran kalori sampai dengan 330 kalori per jam. Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih dan kurang gerak, cobalah sekali-kali anda berkebun.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Imun tubuh atau daya tahan tubuh saat anda berkebun akan lebih meningkat saat anda berkebun. Dengan daya tahan tubuh yang fit tentunya anda tidak akan mudah sakit dan dapat melawan berbagai virus penyakit.

3. Sirkulasi Darah Lancar

Dalam beraktivitas berkebun tentunya anda banyak gerak, dengan banyak gerak tentunya akan memberikan peningkatan sirkulasi darah menjadi lancar.

4. Terhindar Dari Penyakit Jantung

Berkebun juga sangat membantu kita terhindar dari penyakit jantung. Menurut penelitian the British Journal of Sports Medicine, melakukan aktivitas berkebun bisa menurunkan penyakit jantung dan juga penyakit stroke  sampai dengan 30%.

5. Untuk Kesehatan Mata

Ternyata, pemandangan dengan latar belakang hijau membuat mata kita menjadi sehat dan bisa di jadikan senam mata yang sangat manjur. Hasilnya, mata anda akan terasa segar dan tidak mudah lelah.

6. Mengurangi Stress

Berkebun salah satu obat yang juga dapat mengurangi stress yang berlebih. Pikiran menjadi rileks dan santai saat anda mulai beraktivitas berkebun.  Buat anda yang merasa stress seminggu bekerja, tidak ada salahnya anda mencoba untuk berkebun di hari weekend.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Ternyata bukan hanya baik untuk fisik saja, berkebun sangat bagus untuk kesehatan otak. Journal of Alzheimer’s Disease menyatakan bahwa saat anda melakukan aktivitas berkebun sangat membantu untuk menurunkan resiko penyakit Alzheimer sampai dengan 5%, dengan peningkatan volume pada otak.

Berkebun merupakan olahraga yang sederhana dan juga sehat. Anda tidak perlu keluar rumah hanya untuk mengeluarkan keringat. Hanya dengan beraktivitas berkebun, semua manfaat bisa anda dapatkan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh anda. Luangkan waktu anda untuk berkebun agar anda tetap sehat dan bugar.