Anarko Susun Skenario  Penjarahan Saat Pandemi Corona

15

Jakarta, 11 April 2020 – Irjen Pol Nana Sudjana selaku Kapolda Metro Jaya menyebutkan bahwa saat ini kelompok Anarko merancang penjarahan  selama wabah virus covid-19  untuk wilayah di Pulau Jawa. Aksi secara besar-besaran rencana akan dilangsungkan tanggal 18 April mendatang. Tujuan aksi ini termasuk vandalisme untuk meningkatkan keresahan masyarakat. Jadi, kelompok Anarko akan melakukan keonaran dan penjarahan dengan melibatkan masyarakat.

Kapolda menyebutkan bahwa aksi ini sebenarnya dalam beberapa hari terakhir sudah dilakukan. Bahkan sudah dibuat dan diatur sedemikian rupa  di sejumlah wilayah seperti Bandung dan Jakarta serta kota lain yang ada di Pulau Jawa. Kondisi ini akan menjadikan masyarakat menjadi lebih gelisah, karena sudah ada wabah corona ditambah ketidakamanan situasi ini.

Mengenai hal ini, pihak kepolisian sudah melakukan konferensi pers dan disebutkan bahwa Krimum Polda Metro Jaya serta Polres dari Reskrim Tangerang  sudah melakukan penyelidikan. Bahkan pada Jumat kemarin sudah dilakukan penangkapan di wilayah kota Tangerang tepatnya di kafe Egaliter. Kepolisian sudah bergerak dengan cepat dan berupaya memberikan keamanan terhadap masyarakat.

Alasan pihak Anarko menjalankan penjarahan ataupun vandalisme ini karena mereka tidak puas dengan pemerintah.  Para tersangka yang saat ini sudah diamankan polisi mempunyai latar belakang yang berbeda. Tetapi kebanyakannya anak-anak muda yang memiliki masalah sama yaitu tidak puas dengan pemerintah. Bahkan beberapa diantara tersangka ini masih berstatus sebagai pelajar SMA, mahasiswa  dan juga ada yang pengangguran.

Proses penyelidikan dan penangakapan akan terus dilakukan, bukan hanya di Bandung saja namun juga di kota-kota yang lainnya.  Perbuatan ini para pelaku yang sudah ditangkap akan dikenakan pasal 14 dan pasal 15 yang tercantum dalam Undang-undang Republik Indonesia tahun 1946 nomor 1. Isinya tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau Pasal 160 KUHP dan mendapat hukuman selama 10 tahun penjara.

Mengingat hal ini, sebaiknya masyarakat berhati-hati agar tidak terlibat dalam kejadian yang dilakukan oleh Kelompok Anarko ini. Tujuan mereka memang untuk meresahkan masyarakat dan memanfaatkan masyarakat untuk membuat onar, sehingga sangat penting diperhatikan oleh semua pihak agar tidak boleh terlibat dengan kelompok ini.

Apalagi saat ini belum semua anggota kelompok Anarko ini yang sudah berhasil ditangkap polisi. Jadi,  masyarakat harus berhati-hati untuk tanggal yang sudah disebutkan diatas ketika kelompok Anarko sudah beraksi. Apalagi saat sedang lockdown ini memang sangat bagus untuk tetap berada di rumah saja. Jika tidak ada hal yang sangat penting sebaiknya tidak perlu keluar rumah.