Anak Bunda Suka Main Gadget? Ketahui 5 Bahayanya Loh Bun

26

Gadget merupakan alat bantu yang digunakan manusia saat ini. Penggunaan gadget sendiri tidak hanya dibutuhkan orang dewasa saja, akan tetapi kini juga digunakan oleh anak-anak.

Penggunaan gadget pada anak-anak perlu ada pengawasan khusus dari para orang tua. Kenapa? Karena ada beberapa bahaya mengintai di baliknya. Mau tau bahaya apa saja yang mengintai penggunaan gadget pada anak-anak di bawah umur? Ini dia ulasannya;

1. Kecanduan

Beberapa anak yang sudah kecanduan gadget biasanya ia akan menggunakan seribu cara agar terus bisa menggunakan gadget tanpa ada batasan waktu dari orang tua.

Hal ini bukan lagi masalah sepele lagi tentunya, rasa was-was, khawatir dan cemas berkecamuk dalam hati orang tua. Untuk itu orang tua perlu mendidik anak dengan cara yang tepat agar anak tidak terus kecanduan dengan gadget.

2. Agresif dan Emosional

Anak-anak yang sudah kecanduan gadget biasanya menjadi pribadi yang mudah tersinggung. Hal ini bisa dilihat ketika kita meminta bantuannya, dan anak tersebut sedang asyik dengan gadgetnya ia akan marah dan bersikap emosional. Wah ini membahayakan banget ya buat para orang tua.

3. Kurang Tidur

Beberapa anak yang sudah terlalu nyaman dengan gadgetnya biasanya akan lupa tidur. Ia akan memanfaatkan waktu untuk terus mengupdate gadget yang dimilikinya.

4. Kurang Kreatif

Anak yang sudah kecanduan gadget cenderung kurang kreatif, biasanya ia lebih suka hal yang sangat instan daripada menyelesaikan dengan kemampuannya sendiri.

5. Kesehatannya Terganggu

Beberapa pemberitaan di media menginformasikan gadget memiliki pengaruh yang kurang baik untuk kesehatan terutama pada indra penglihatan. Hal ini karena pancaran radiasi yang langsung bersentuhan dengan beberapa syaraf penting di tubuh.

Wah kalau dilihat-lihat bahaya juga ya ternyata penggunaan gadget yang tidak diawasi orang tua. Lalu bagaimana solusinya?
Solusi yang bisa dilakukan orang tua antara lain :

  1. Membuat kesepakatan batasan waktu penggunaan gadget.
  2. Alihkan anak untuk melakukan suatu kegiatan yang lebih bermanfaat.
  3. Ajak anak bermain dengan lingkungan sekitarnya.
  4. Bangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak.

Nah itu dia beberapa solusi yang bisa orang tua lakukan. Perlunya sikap ketegasan dalam mendidik anak adalah sikap yang harus sekali kita tekankan, apalagi di era sekarang ini. Hal ini kita lakukan juga demi kebaikan anak di masa depannya nanti. Semoga bermanfaat.