Amien Rais Mencoba Bongkar Korupsi di Saat Kasus Ratna Sarumpaet

47

Kasus Ratna Sarumpaet yang mana terkait dengan penyebaran berita palsu kepada publik memang banyak menimbulkan pertanyaan yang mana banyak juga yang menilai jika hal tersebut merupakan serangan politik menjelaang pilpres 2019 mendatang.

Amien Rais selaku Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) akan diperiksa oleh pihak Polda Metro Jaya pada Rabu (10/10/2018). Pemeriksaan tersebut berkaitan dengan bahwa Amien Rais dinilai sebagai terlapor dugaan kasus penyebaran berita palsu atau hoaks yang menimpa Ratna Sarumpaet beberapa waktu lalu.

Dari berita pemeriksaan yang akan dilakukan kepada dirinya, Amien Rais langsung menanggapi hal tersebut yang mana dirinya akan memenuhi pemeriksaan dan dalam situasi tersebut dirinya juga menyampaikan bahwa akan membongkar kasus dugaan korupsi.

Hal ini merupakan hubungan tentang penegakan hukum dan korupsi yang sudah mengendap lama di KPK, saya akan buka pelan-pelan. Dari pernyataan yang disampaikan oleh Amien Rais terkait dengan pembongkaran korupsi, hal tersebut langsung menimbulkan pertanyaan. Dinilai jika ketua dewan PAN tersebut memiliki bukti yang kuat dan fakta soal kasus mengendap, banyak pihak yang mengatakan mengapa hal tersebut baru diungkapkan sekarang ini bukan dilakukan dari dulu.

Pembongkaran kasus korupsi seperti yang dikatakan Amien Rais baru diucapkan setelah dirinya akan diperiksa oleh pihak Polda Metro Jaya dalam kasus Ratna Sarumpaet. Dan pada kasus yang lainnya juga Amien Rais menjadi salah satu pihak yang dilaporkan.

Jamin Ginting Selaku Pengamat Hukum Pidana dari Universitas Pelita harapan (UPH) menilai jika Amien Rais ingin mengungkap kasus korupsi, hal tersebut tidak perlu dilakukan dirinya lantaran akan diperiksa pihak kepolisian. Namun laporan bisa saja dilakukan pada waktu yang berbeda bahkan kapan saja jika memang terkait pembongkaran kasus korupsi yang ada didalam negeri (ujar Jamin Ginting), Selasa (9/10/2018).

Jamin juga tidak mau berspekulasi terkait apa motif baru Amien Rais dalam membongkar kasus korupsi usai dirinya diperiksa oleh pihak kepolisian nantinya. Dari tindakan tersebut, Jamin menilai bisa saja itu sikap spontan yang dilakukan lantaran dirinya akan menjalin proses hukum. Serta Jamin juga menilai jika apa yang diucapkan Amien Rais belum tentu akurat, selagi belum ada bukti yang sah didapatkan. Serta hal tersebut tidak bisa ditindaklanjuti bila memang bukti masih belum kuat (ujar Jamin).

Pernyataan lainnya juga yang disampaikan oleh Jamin jika tindakan yang dilakukan Amien Rais terkait membeberkan tindakan korupsi hanyalah sebuah tindakan gertakan agar dirinya tidak diperiksa secara lanjut oleh pihak kepolisian terkait kasus penyebaran berika hoaks dari kasus Ratna Sarumpaet. Jamin mengatakan jika pemeriksaan harus tetap dilakukan tanpa menilai ucapan yang sudah dilakukan Amien Rais sebelumnya, karena ucapan yang dilakukan merupakan kasus yang berbeda dengan saat ini (pungkas Jamin).