Alberto Puig: Masa Jaya Valentino Rossi Sudah Lewat!

23

Manajer Tim Honda Repsol, Alberto Puig, bisa dibilang sebagai seorang yang sangat sukses musim ini. Ia berhasil membawa Honda memenangi Triple Crown di MotoGP musim 2018 (gelar juara dunia pembalap, tim dan konstruktor).

Yang lebih mengejutkan, ini merupakan tahun pertamanya bergabung di tim Honda. Namun dengan rendah hati, ia menyebut semua kesuksesan itu berkat perjuangan pembalap utama Honda, Marc Marquez.

Puig merasa yakin, jika timnya bakal mampu mengulang kesuksesan di musim 2019 mendatang. Apalagi mereka bakal diperkuat satu pembalap juara dunia, Jorge Lorenzo. Kombinasi Lorenzo-Marquez bakal menjadi kekuatan menakutkan di lintasan.

Puig memuji habis Marc Marquez yang dinilainya adalah seorang pribadi yang rendah hati dan memiliki rasa ingin tahu untuk mendengar, belajar, dan menghormati.

Namun pribadinya berubah drastis saat balapan, ia menjadi mesin pembunuh di lintasan. Marquez bukanlah manusia sempurna, namun ia mendekati itu. Marquez adalah pembalap paling sempurna di MotoGP saat ini.

Sebaliknya, Puig juga sempat melontarkan komentar pedas pada rival berat Marquez di tim Yamaha, Valentino Rossi. Manajer asal Spanyol tersebut mengakui jika Rossi adalah pembalap hebat, meski usianya makin senja namun ia memiliki hasrat untuk menang.

Rossi disebut Puig masih memiliki bakat dan masih bisa melaju cepat, namun tidak sadar bahwa kini waktunya telah lewat. Masa kejayaannya telah berlalu, dan mustahil baginya mengalahkan Marquez.

Terkadang Rossi menggunakan cara keliru, Marquez tak pernah melakukan tindakan berlebihan kepada Rossi. Insiden diantara mereka murni insiden balapan, dan Puig menghormatinya.

Namun dalam hidup, semua ada momen tersendiri. Saat ini Marc adalah nomor satu, terlepas Rossi suka atau tidak. Dan terkadang, kita hanya perlu berhenti dan berpikir.

Dan menurut Puig, Marc Marquez tetap tak peduli dengan pendapat para fans Vale, yang masih menganggapnya bersalah atas insiden yang terjadi dengan The Doctor. Ia akan tetap membalap seperti biasa.