4 Alasan Ibu Rumah Tangga Yang Dirumah Bisa Lebih Stres Dibanding Ibu Yang Bekerja Kantoran?

39

Menjadi ibu rumah tangga memang hal yang melelahkan, bukan? Bukan hanya mengurus si kecil saja tetapi masih banyak hal yang harus dilakukan itu rumah tangga seperti membersihkan rumah, membuat makanan, menyiapkan sekolah anak, mengurus anak, dan masih banyak lagi tentunya.

Bagaimana dengan ibu yang bekerja kantoran? Ya, sama jika ibu kantoran juga pernah mengalami stress dan depresi karena urusan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Tapi apa anda tau, jika ibu rumah tangga lebih stres dari ibu kantoran karena beberapa alasan berikut ini.

4 Alasan Ibu Rumah Tangga Yang Dirumah Lebih Stress Dari Pada Ibu Pekerja Kantoran?

  1. Tidak Memiliki Waktu Untuk Me Time

Alasan ibu rumah tangga yang di rumah lebih stress dari pada seorang ibu yang bekerja kantoran karena ibu yang bekerja di rumah tidak pernah ada waktu untuk me time, untuk mengurus dirinya sendiri.

Dia bekerja 24 jam untuk mengurus rumah, mengurus anak, keperluan anak, keperluan suami, dan masih banyak lagi pastinya. Itulah salah satu alasan ibu rumah tangga lebih stress

2. Tidak Pernah Liburan

Rata- rata ibu rumah tangga tidak pernah merasakan apa yang namanya liburan, yang mereka tau hanya mengurus dapur, mencuci, masak, pel, dan masih banyak lagi yang mereka lakukan di rumah. Rumah sudah di bersihkan dan kotor lagi, itulah yang membuat ibu rumah tangga lebih stress dari pada ibu yang bekerja kantoran, apalagi jika pekerjaan ibu rumah tangga tidak di hargai, pasti dia lebih stress lagi dan marah

3. Jarang Bertemu Dengan Teman dan Sahabat

Salah satu alasan bahwa ibu rumah tangga yang di rumah bisa lebih stress dibanding ibu yang bekerja kantoran adalah jarang bertemu dengan teman dan sahabatnya.

Jarang berkomunikasi juga bisa menyebabkan ibu rumah tangga stress. Karena yang mereka tau hanya di dapur saja, sekali pergi hanya ke pasar, itupun hanya sebentar. Itulah mengapa ibu rumah tangga jadi gampang stress, karena tidak pernah berinteraksi dengan teman seusia nya.

4. Hanya Mengurus Anak Dan Rumah

Ibu rumah tangga juga pastinya merasa jenuh, sehari- hari dia hanya berkutat dengan dapur, pel, sapu dan masih banyak lagi. Urusan rumah menjadi tanggung jawab dia, urusan anak, keperluan anak juga menjadi tanggung jawab ibu rumah tangga.

Jarang menikmati suasana alam yang menyejuk kan dan membuat damai. Ibu rumah tangga juga jarang sekali jalan- jalan.

Beberapa alasan di atas yang membuat ibu rumah tangga bisa lebih stress di banding ibu yang bekerja kantoran, sebenarnya hal tersebut bisa di siasati oleh beberapa cara yang bisa membuat mereka tidak jenuh dan tidak stress jika berada di rumah seperti:

  • Di ajak ke taman
  • Merencanakan liburan bersama anggota keluarga
  • Mendukung hobi dan kemampuan yang dia miliki
  • Menghargai apa yang selama ini dia lakukan untuk keluarga
  • Membantunya mengurus rumah sesekali
  • Memberikan kado kecil atau di ajak makan keluar

Sebenarnya apa yang diinginkan seorang ibu rumah tangga itu adalah hal yang sederhana, tidak usah terlalu mewah, perhatian kecil pun bisa membuatnya bahagia. Apalagi jika usahanya di hargai, di bantu dan selalu di beri pengertian.

Karena ibu rumah tangga juga butuh hiburan, bukan hanya mengurus rumah dan mengurus anak saja. Dia juga memerlukan quality time dan me time untuk dirinya sendiri