Ajang  F1 GP Australia Tetap Berlanjut, Meski Kebakaran Hutan

9

Melbourne, 14 Januari 2020 Dalam satu bulan terakhir ini, Australia dilanda kebakaran hutan. Fenomena ini sempat dikhawatirkan akan mengganggu terselenggaranya ajang Formula One GP Australia yang akan berlangsung di Sirkuit Albert Park musim ini. Dampak dari terbakarnya hutan di Negeri Kangguru ini dikhawatrikan bisa mengganggu kompetisi F1, hingga tidak dapat dilaksanakan.

Ajang F1 GP Australia  memang sudah menjadi ajang pembuka untuk berbagai kompetisi lainnya pada awal musim dan ini sudah berlangsung sejak tahun 1995 silam. Kebakaran hutan yang terjadi di Australia sempat membuat ajang F1 tak dilaksanakan, apalagi sangat banyak hewan serta 27 orang tewas dalam kebakaran ini.

Tetapi berbeda dengan apa yang diperkirakan, sebab Andrew Westacott selaku promotor ajang F1 GP Australia malah tetap optimis agar balapan tetap digelar sesuai jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. Kegiatan F1 bisa tetap berjalan pada tanggal 13 sampai 15 Maret mendatang. Jarak antara lokasi lintasan F1 dengan lokasi kebakaran sekitar 200 km yang berada di sebelah timur Melbourne.

Andrew Westacott pada Selasa 14 Januari 2020 menyebutkan bahwa kebakaran yang terjadi di Australia tak berdampak pada Melbourne sebab jaraknya yang cukup jauh yaitu sekitar 200 km. Namun Westacott mengaku tak bisa memastikan ke depannya akan baik-baik saja sebab dalam dua bulan ke depan tidak ada yang  tahu bagaimana perkembangan kondisi kawasan ini. Tidak ada yang tahu ke depannya akan seperti apa.

Westacott menyambungkan bahwa dia beserta pihaknya mengungkapkan rasa simpati atas musibah yang terjadi khususnya kepada warga Australia yang kehilangan rumahnya dan berduka atas apa yang menimpa mereka. Tentunya yang menjadi prioritas bagaimana usaha dan upaya agar bisa membantu para korban serta mengirimkan doa terbaik.

Bahkan sejumlah olahragawan yang berasal dari Australia tak segan menyumbang dana bantuan untuk korban kebakaran. Termasuk didalamnya pembalap F1 Daniel Ricciardo. Sedangkan di sisi lain, Lewis Hamilton juga turut bersimpati dan berjanji  akan memberikan donasi uang tunai sejumlah 6,8 miliar agar bencana ini bisa diatasi dengan baik.

Jadi, sejauh ini jika tak ada berbagai halangan lainnnya dan kondisi Australia kunjung membaik, maka penyelenggaraan ajang F1 GP Australia akan berlangsung pada bulan Maret mendatang. Seperti yang sudah disebutkan oleh promotor F1 GP Australia, Andrew Westacott. Jika dilihat dari jarak antara lokasi kebakaran dengan lokasi kompetisi F1, jaraknya cukup jauh sehingga jika masih aman dan lancar jika tetap diselenggarakan F1 GP Australia.