Ahok Masuk PDIP, Sandiaga Beri Ucapan Selamat

71
Ahok dan Sandiaga Uno
Foto: Merdeka

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta dan juga calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, memberikan ucapan selamat kepada mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ucapan selamat dilontarkan Sandi usai merebaknya kabar bahwa Ahok akan bergabung dengan PDI Perjuangan (PDI-P) usai keluar dari jeruji besi.

“Selamat kepada pak Ahok yang akan bergabung ke PDIP dan berharap agar Pak Ahok kembali berkiprah di dunia politik,” tutur Sandiaga ketika berkunjung ke Banyuwangi, Selasa (27/11).

Sandiaga menyebut Ahok adalah sahabatnya dan pernah mengabdi untuk DKI Jakarta. Sandiaga pun berharap bahwa mantan gubernur DKI Jakarta itu dapat melanjutkan pengabdian pada negeri.

Kabar bergabungnya Ahok ke PDIP sendiri sebelumnya disampaikan oleh Djarot Saiful Hidayat yang merupakan Ketua DPP PDI Perjuangan. Djarot mengungkapkan keinginan Ahok untuk bergabung dengan PDIP jika kembali terjun ke dunia politik. Djarot sendiri sejatinya adalah wakil gubernur DKI Jakarta kala kursi gubernur masih dipegang Ahok.

Hubungan Ahok dengan PDIP memang erat terutama sejak pilkada tahun lalu. Sebelumnya Ahok pernah bergabung dengan partai pimpinan Prabowo Subianto, Gerindra. Ahok disebut mundur dari Gerindra usai tidak sepakat dengan usulan Gerindra bahwa pemilihan kepala daerah dipilih oleh DPRD.

Mengenai kepastian Ahok untuk kembali ke panggung politik sendiri sebenarnya belum dapat diketahui. Pasalnya, seperti diketahui, pada 2017lalu, Ahok divonis dua tahun penjara karena dianggap terbukti melakukan tindakan penodaan agama. Ahok menjalani masa pidana di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Akan tetapi, kabar yang dihembuskan Djarot Saiful Hidayat yang juga pernah bekerja bersama-sama dengan Ahok semakin mewarnai peta politik Indonesia. Menarik untuk disimak bagaimana kiprah Ahok kedepannya.