Agar Tetap Oke, Lakukan 8 Tips Merawat Mobil Sedan Tua Ini

25

Untuk Anda para kolektor barang-barang antik, terutama otomotif seperti mobil-mobil tua, tentunya sangat pusing dengan perbaikan spare-part yang terkadang sudah tidak tersedia.

Kalaupun ada pasti harganya sangat mahal karena sudah langka. Nah untuk menyiasatinya. Berikut 8 tips yang bisa Anda praktekkan dalam merawat mobil sedan tua Anda supaya tidak cepat rusak, simak selengkapnya!

  1. Membersihkan Mobil Secara Teratur

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam merawat mobil sedan tua yaitu dengan membersihkannya secara teratur. Pastikan bagian mesin dan seluruh detailnya dibersihkan. Untuk mencucinya, gunakan shampoo khusus mobil, karena detergen biasa mampu merusak warna mobil.

  1. Gunakan Vacuum Cleaner untuk Membersihkan Mesin

Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menarik debu-debu yang menempel pada mesin Anda untuk mencegah bagian mesin tersumbat. Pastikan untuk melakukannya secara teratur.

  1. Gunakan Sarung Mobil

Sedia sarung mobil apabila Anda tahu kalau kondisi area parkir lokasi kegiatan  outdoor. Selain itu untuk jangka waktu yang lama, sinar matahari mampu merusak lapisan cat mobil Anda juga.

  1. Perhatikan velg dan ban mobil

Untuk menjaga penampilan mobil tua Anda tetap terlihat klasik dan elegan, Anda bisa merawatnya dengan melepas setiap ban mobil Anda pada saat tidak digunakan. Hal tersebut berfungsi untuk mencegah percepatan proses terjadinya karat.

  1. Perhatikan Pemakaian Oli dan Bahan Bakar

Untuk perlindungan yang maksimal, Anda bisa menggunakan oli dengan kadar kekentalan SAE 10-40 W atau 15-40 W. Selain itu, pastikan bahan bakar juga terisi secara teratur dan menggunakan bahan bakar non subsidi yang tidak mengandung karat.

  1. Sedia Cover Jok

Cover jok tidak hanya memiliki fungsi untuk mencegah kotoran langsung terkena jok mobil kesayangan Anda, namun juga mampu menambah keindahan interior mobil Anda. Keren kan!

  1. Mengecek Mesin Mobil dengan Teratur

Komponen inti dari sebuah mobil yaitu mesin. Jadi untuk mencegah kondisi yang lebih buruk karena mesin mobil Anda jarang di cek, pastikan untuk tune up mobil sedan tua Anda dengan teratur agar tidak mogok ditengah jalan.

  1. Mengecat Ulang Mobil

Pada mobil tua, memang cat nya terkadang terlihat sudah kusam, namun jangan khawatir. Anda bisa remake penampilan mobil tua Anda dengan mengecat ulang dengan memilih warna yang merepresentasikan diri Anda pasti keren.

Dengan perawatan yang baik tentunya akan meminimalisir resiko kerusakan. Ditambah dengan sedikit ketekunan dalam proses perawatan mobil, Anda bisa menyimpan waktu lebih banyak untuk hal yang lebih bermanfaat lainnya. Bahkan pada saat berkumpul dengan komunitas, Anda bisa berbagi cara merawat mobil sedan tua yang benar dan baik yang telah Anda praktikkan. Keep the old stay gold!