Agar Kendaraan Awet, Lakukan Perawatan Mobil di Musim Hujan Berikut

8
Mobil Harus Menghadapi Tantangan Ekstra di Musim Hujan

Semua orang tentu ingin mobil yang dimilikinya selalu awet, meski digunakan sehari-hari, bahkan ketika itu musim hujan sekalipun. Karena bisa jadi, jika mobil Anda rusak, mobilitas Anda sehari-hari dapat terganggu. Selain itu, untuk memperbaiki mobil yang rusak tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar dan merepotkan. Sehingga, Anda harus mengoptimalkan perawatan untuk mencegah kerusakan pada mobil, terutama pada saat musim penghujan. Apalagi dengan jalanan yang basah dan licin, mewajibkan Anda untuk semakin berhati-hati dalam berkendara.

Ketika musim penghujan tiba, perawatan mobil tentu menjadi lebih intensif. Karena air hujan mengandung garam yang bisa merusak mobil jika tidak dilakukan perawatan yang tepat. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kerusakan dini pada mobil Anda pada saat musim penghujan.

  1. Bilas mobil sesegera mungkin setelah kehujanan

Setelah Anda menerjang hujan, segera bilas mobil Anda menggunakan air bersih. Hal ini dilakukan karena air hujan mengandung garam yang dapat menyebabkan cat keropos atau menimbulkan karat.  Jika dibiarkan mengering dengan sendirinya, maka akan menimbulkan bekas di mobil yang bisa menyebabkan korosi.

  1. Cek mobil secara berkala

Pengecekan komponen mobil secara berkala adalah hal penting yang harus lebih diptomalkan ketika musim penghujan. Hal ini dilakukan karena, ada beberapa bagian dari mobil yang tidak boleh terkena air. Jika Anda menerjang hujan, akan ada kemungkinan jika bagian tersebut terkena air, karena air sendiri bisa masuk meskipun melalui celah yang sempit. Sehingga, jika tidak dilakukan pengecekan berkala, bisa saja air hujan tersebut justru merusak bagian-bagian penting mobil Anda.

  1. Beri karpet dalam kabin

Hal ini juga perlu dilakukan, karena karpet dalam kabin mobil akan mengantisipasi jika Anda mengenakan alas kaki yang basah ketika memasuki mobil Anda. Karena bisa saja, air tersebut juga masuk ke dalam kabin dan merusak komponen mobil Anda. Dan air tersebut bisa saja menjadi penyebab munculnya jamur di bagian kabin mobil Anda. Jangan lupa pula untuk menjemur karpet tersebut agar tidak menimbulkan jamur yang berusaha untuk dihindari sebelumnya.

  1. Masukkan mobil ke dalam garasi

Hal ini tentunya akan membuat mobil Anda aman dari terkena air hujan. Akan menjadi percuma, jika mobil Anda yang terkena hujan dan telah Anda bersihkan, lalu Anda biarkan di luar garasi. Apabila di musim kemarau, mungkin ini tidak menjadi soal. Meskipun, jika mobil terkena sinar matahari yang panas secara terus menerus akan menyebabkan lapisan mobil cepat rusak. Namun, jika pada saat musim penghujan, yang dikhawatirkan adalah hujan turun tiba-tiba.

Dari keempat hal di atas dapat Anda lakukan secara optimal ketika musim penghujan tiba. Demi menunjang performa dari mobil Anda dan tentu saja untuk menghindari berbagai bahaya ketika Anda sedang berkendara, apalagi di musim penghujan.