Agar Hati Jatuh Cinta Pada Al-Qur’an

54

Mencintai Al-Qur’an? Setiap orang yang beriman tentunya ingin memiliki hati yang senantiasa mencintai Al-Qur’an, hati yang kerap kali merindukan dan dirindukan Al-Qur’an, menjadikan Al-Quran sebagai sahabat dan belahan jiwanya, sungguh tiada nikmat terindah saat iman kita telah tumbuh keatas hingga hati kita begitu bersih dan suci untuk menembus cinta-Nya dengan mencintai kalam-Nya. Adakah kenikmatan terindah melainkan ini?

Sahabatku, saat iman kita mulai melemah hingga hati kita merasa begitu jauh dengan Al-Qur’an, ketahuilah saat itu sejatinya hati kita mulai mengeras, perlahan namun tanpa kita menyadarinya, karena nafsu dan syaitan teramat sangat lembut merayu dan membujuk hati kita agar kita terlena oleh kenikmatan fana, nikmat pada dunia.

Sahabatku, saat hati kita mulai mengeras, saat kita tak lagi butuh nasihat orang sekitar kita, saat kita mulai merasa bahwa diri kitalah yang paling benar, ketahuilah disaat itu juga mata hati kita sudah tertutup oleh gemerlap dunia, hati kita sudah mengeras laksana batu dan gelap laksana malam yang pekat

Apakah semua itu bisa kita carikan obatnya? Lantas bagaimana cara kita untuk mengobati hati yang telah mengeras, hati yang telah gelap gulita, dan iman yang mulai redup? Tentunya semua penyakit akan ada obatnya selain mati, begitu juga dengan penyakit hati.

Merasa diri lebih baik dari orang lain, ingin selalu mendapatkan pujian dan sanjungan dari orang lain, dan tidak mau menerima nasihat orang lain, itulah merupakan beberapa bentuk penyakit hati kita. Penyakit yang akan menggerogoti daging kita perlahan, tanpa kita menyadarinya, penyakit yang akan melalaikan kita hakikat dari seorang hamba. Na’udzubillah

Sahabatku, kali ini izinkan saya berbagi beberapa tips agar hati kita jatuh cinta pada Al-Qur’an, semoga dengan beberapa tips yang akan saya tulis ini, dapat bermanfaat untuk pribadi penulis khususnya sebagai pengingat diri & kepada seluruh pembaca pada umumnya, agar hati kita senantiasa meleleh dan melembut oleh keagungan cinta-Nya dengan mencintai Kalam-Nya.

Berikut tips agar hati jatuh cinta kepada Al-Qur’an :

  1. Usahakan Membaca Al-Qur’an Setiap Hari

Biasakan diri kita untuk belajar disiplin dalam membaca Al-Qur’an setiap hari. Usahakan setiap hari minimal membaca 1 juz secara konsisten, jika belum bisa 1/2 juz, jika belum bisa lagi minimal 1 halaman. Luangkanlah waktu untuk membaca Al-Qur’an setiap hari, karena dengan membaca Al-Qur’an akan menjadikan hati kita lebih tenang dan bercahaya.

  • Latih Diri dengan Mentadabburi Isi Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an mungkin merupakan hal yang biasa kita lakukan, namun saat kita mampu untuk membaca dan berusaha untuk mentadabburinya, maka akan ada yang berbeda dengan hati kita, dan hati kita akan menjadi jauh-jauh lebih tenang, lebih nyaman dan merasa tentram.

Setelah kita bisa konsisten membaca Al-Qur’an, latih kembali hati kita untuk berusaha mentadabburi isi Al-Qur’an, mudah-mudahan dengan kita mentadabburi isi Al-Qur’an, Allah mengisi hati kita dengan mencintai Al-Qur’an.

  • Jadikan Al-Qur’an sebagai Sahabat dan Kekasih Hati

Menjadi sahabat Al-Qur’an, berarti berusaha untuk senantiasa bersama Al-Qur’an baik dikala suka maupun duka, dikala sendiri maupun bersama, kita lalui hari-hari kita dengan Al-Qur’an.

#DoriMaret