Ini Dia, Urutan Agama Dengan Pemeluk Terbanyak di Dunia

19

Agama dengan populasi terbanyak yang tersebar di seluruh penjuru dunia

Agama sendiri merupakan kepercayaan, kebiasaan, sistem budaya dan pandangan dunia yang menghubungkan setiap individu manusia dengan tatanan kehidupan. Dari sebuah keyainan tersebut manusia memperoleh moralitas, etika, hokum agama, gaya hidup, dan bagaimana tingkah laku sehari-hari.

Menurut sebuah perhitungan, terdapat setidaknya kurang lebih 4200 agama di seluruh penjuru dunia ini. Dari sekian banyaknya agama yang ada, sempat terbesit agama apa yang paling banyak pemeluknya di unia ini.

Jika di Indonesia dengan 6 agama yang resmi disahkan oleh pemerintah (Kristen, islam, khatolik, hindu ,budha, konghuchu), pemeluk terbesar nya dipegangg oleh agama islam, diikuti dengan agama Kristen sebagai agama terbesar kedua di Indonesia.

Berikut adalah 7 Agama yang memiliki jumlah pengikut terbesar di dunia berdasarkan data statistik yang tersedia oleh Wikipedia.

Kristen

Meskipun Islam adalah agama mayoritas di Indonesia, tetapi penyebaran Kristen tetap yang terbesar di dunia dengan presentase 33% dari total penduduk bumi, atau sekitar 2.4 milyar pengikut.

Mayoritas pemeluk agama ini ada di Benua Amerika, sebagian Benua Eropa, dan Afrika Selatan.Ajaran agama ini berpusat kepada ajaran Yesus dan menggunakan Alkitab sebagai kitab sucinya.(wikipedia.org).

Islam

Agama terbesar kedua tentu saja islam dengan jumlah  1.8 milyar jiwa atau 24% dari total penduduk bumi. Penyebaran agama ini berpusat di timur tengah, Asia, dan Afrika bagian utara. Agama ini dibawa oleh Nabi Muhammad dan masuk pertama kali ke Indonesia dibawa oleh pedagang dari arab dan kemudian yang paling terkenal penyebarannya melalui wali songo yang menyebar sampai ke sebagian besar negri.

Agnostik

Banyak refrensi yang beredar mengenai agnostic, tetapi yang paling sering dipercayai adalah alilran agnostic ini adalah sebuah kepercayaan bahwa hal-hal mengenai supranatural, ada atau tidaknya eksistensi dari Tuhan tidak dikeetahui atau bahkan tidak dapat diketahui keberadaannya.

Mereka mempercayai bahwa ada suatu eksistensi yang derajatnya melebihi manusia itu sendiri, akan tetapi mereka tidak memeluk agama tertentu. Mayoritas dari mereka meyakini bahwa kemanusiaan atau berbuat baik kepada sesama adalah diatas segalanya.

Hindu

Agama Hindu (disebut pula Hinduisme) merupakan agama yang dominan di Asia Selatan terutama di India dan Nepal. Ajaran agama ini mengandung aneka ragam tradisi. Agama ini meliputi berbagai aliran,di antaranya Saiwa, Waisnawa, dan Sakta.

Dalam aliran ini terdapat pandangan luas akan hukum dan aturan tentang  moralitas perilaku sehari-hari yang berdasar pada karma, darma, dan norma kemasyarakatan. Pemeluk agama ini ada sekitar 15% dari penduduk dunia.

Buddha

Buddha berasal dari bahasa Sanskerta “Budh” yang artiya mengetahui, adalah gelar kepada individu yang menyadari potensi penuh mereka untuk memajukan diri dan yang berkembang kesadarannya.

Dalam penggunaan kontemporer, ia sering digunakan untuk merujuk Siddharta Gautama, guru agama dan pendiri Agama Buddha. Dalam penggunaan lain, ia merupakan tarikan dan contoh bagi manusia yang telah sadar. Populasi pemeluk agama ini sekitar 7%.

Tionghoa

Siapa sangka ternyata penganut tionghoa ada sekitar 5,5% dari penduduk dunia atau sekitar 394 juta jiwa. Agama ini berasal dari rakyat Tionghoa dari suku Han. Kepercayaan ini sejatinya tidak memiliki kitab suci dan merupakan kumpulan dari kepercayaan atau filsafat hidup yang diwariskan turun temurun.

Agama Tradisional Afrika

Terdengar sangat asing bagi kita tentang agama ini. Agama ini sebenarnya adalah sebuah Kepercayaan dan praktek kehidupan tradisional orang Afrika. 

Umumnya, tradisi tersebut lebih berbentuk lisan daripada tertulis,yang meliputi kepercayaan dalam pencipta tertinggi, kepercayaan akan roh-roh, penyembahan leluhur, penggunaan sihir dan pengobatan tradisional. 

Peran kemanusiaan umumnya dipandang sebagai salah satu alam yang paling harmonis dengan supranatural.