Ada Apa “Dibalik” Acara Bagi-Bagi Sembako Di Monas Kemarin?

56

Acara pembagian sembako gratis? Siapa sih yang bakan menolak acar-acara seperti ini? Nah, inilah fenomena yang terjadi di Jakarta tepatnya di monas tanggal 28 April 2018, kemarin. Setidaknya ada 10 stand yang didirikan hanya untuk membagikan barang-barang sembak gratis kepada warga. Hingga tampak banyak warga yang berkerumun dan memenuhi lapangan tugu Monas, tidak hanya orang dewasa bahkan terlihat juga anak-anak kian memenuhi lapangan tersebut. Warga yang datang tidak hanya disuguhi beberapa pembagian barang sembako yang gratis. Mereka juga sangat menikmati beberapa hal yang disajikan seperti menikmati acara panggung musik yang juga digelar, ada yang terlihat sedang bersantai duduk-duduk di bawah teduhnya pohon dan menikmati makanan tentunya.

sumber : kompas.com

Bahkan ada beberapa penampilan badut yang kian memeriahkan suasana dilapangan tersebut. FUI atau forum untukmu Indonesia telah menghadirkan dan mebagikan setidaknya 400.000 sembako yang diklaim gratis untuk dinikmati masyarakat yang datang berkunjung. Merka memang talah menyiapkan setidaknya 400 ribu kupon gratis untuk digunakan warga. 400.000 kupn ini akan digunakan dalam membagikan makanan gratis tersebut. Bahkan aksi ini smepat meperparah macet jalanan yang mebuat sebagian pengendara kian kewalahan. Para panitia acar pembagian sembako tersebut tampak ada yang mengenakan pakaian putih maupun pakaian merah yang memiliki tulisan Pnacasila dengan sebuah lambang berbentuk bintang di bagian tengah.

Menguak Alasan Bagi-Bagi Sembako Gratis Di Lapangan Tugu Monas

Bahkan baju atau pakaian yang dikenakan panatia pembagian sembako gratis tersebut ada juga berwaran hitam lengkap dengan tilusan bela negar di bagian kiri dan juga tulisan gerakan masyarakat bagian bawah pada bagian sebelah kanan dari pakaian mereka. Tidak hanya stand untuk pembagian sembako gratis, stand yang mereka dirikan juga ada untuk tempat makanan yang di diskon. Beberapa bahan sembako yang dibagikan adlaah beras, gula, minyak goreng dan mie isntan. Namun Apa alasan dibalik adanya acara bagi-bagi sembak gratis yang terjadi kemaren? Ketua panitia dari FUIB atau forum untukmu indonesia tersebut yang bernama, Dave Santosa menyatakan bahwa ini adalah salah satu kegiatan untuk perayaan acara paskah dan doa lintas agama yang mereka selenggarakan.

Pernyataan Tentang Sumber Dana

Sebuah pernyataan yang didapat dari salah seorang panitia yang bernama Leo Paisa menyatakan bahwa dana yang didapat untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut bersifat sumbangan anonim, dia menyatakan bahwa sumbangan tersebut hanya mengatas namakan nama Indonesia saja. Sumbangan yang ada hanya berasal dari para anggota dan juga para dermawan yang berinisiatif untuk memberikan sumbangan secara sukarela. Namun ketika ditanya angka pasti dari jumlah sumbangan yang telah terkumpul, ia mnyatakan tidak tahu secara pasti jumlahnya. Bahkan ia juga menambahkan bahwa sumbangan sembako dan kupon sembako dibagikan secara personal dari panitia kepada masyarakat yang akan menerimanya.

Kupon sembako tersebut disebar di daerah Jabodetabek, melibatkan pengurus RT maupun RW setempat. Ia menyatakan bahwa penyebaran kupon sembako gratis melibatkan banyak pihak dengan sukarela. Seperti anak sekolah, mahasiswa dan kerabat yang terdorong hatinya membantu penyebaran kupon kerumah warga. FUI ini menggelar acara bagi-bagi sembako gratis tersebut dengan mengusung tema ?Untukmu Indonesia, Berkarya Dalam Harmoni?. Dimana acara ini juga memiliki tujuan khusus dalam rangka alat pemersatu warga. Ini dikarenakan maraknya isu tentang pertentangan dan perpisahan serta keretakan warga yang dipicu oleh banyak masalah. Jadi FUI berinisiatif menyelenggarakan sebuah acara untuk kembali mempersatukan masyarakat tanpa memandang agama apapun yang ada didalamnya.