ABK Kapal Pesiar Grand Princess Cruise Diperiksa

42

San Fransisco, 08 Maret 2020 – Terdapat 57 warna negara Indonesia disebutkan Pemerintah berada di Kapal Pesiar Grand Princess Cruise. Hal ini sejalan yang disampaikan oleh Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri. Keterangan dari Retno menyatakan bahwa ke-57 WNI ini bekerja sebagai anak buah kapal saat ini sedang diperiksa terkait virus corona.

Pemeriksaan ini dilakukan setelah ditemukan sebanyak 21 orang  yang berada di kapal tersebut terinfeksi virus corona dengan status positif. Hal tersebut merupakan berita yang mencengangkan termasuk pula bagi masyarakat Indonesia karena ada WNI di sana.

Retno menyebutkan saat ini dia dan pihaknya dari Kemenlu  baik yang ada di dalam maupun di luar negeri sedang melakukan pengamatan terkait perkembangan di kapal tersebut. Kapal tersebut saat ini berada di San Fransisco. Selain itu, hingga hari ini kondisi ke-57 orang tersebut masih dalam keadaan baik-baik saja.

Komunikasi terkait kondisi WNI dan situasi di kapal berjalan dengan baik antara tim dari Kementerian Luar Negeri dengan tim yang berada di Amerika. Sejauh ini dalam pantauan, kondisi mereka masih sehat.

Masalah menyebarnya virus corona menjadi permasalahan yang sedang dihadapi dunia saat ini, jadi masalahnya bukan hanya terjadi di Indonesia saja. Sehingga untuk mengatasi hal ini dibutuhkan kerja sama antara semua pihak di dunia termasuk bekerja sama dengan WHO (World Health Organization).

Hingga saat ini kondisi beberapa wilayah di dunia sedang di khawatirkan masalah virus corona ini. Meskipun begitu, yang diperlukan ialah kerja sama antara semua pihak agar pelan-pelan masalah virus corona bisa diatasi. Memang saat ini sudah ada warga negara Indonesia sudah ada yang terinfeksi virus corona sehingga sangat penting berusaha mengatasi hal ini.

Sebelumnya, Mike Pence yang saat ini menjabat sebagai wakil Presiden Amerika Serikat memberi pengumuman bahwa dalam kapal pesiar Princess Cruise, sudah ada 21 anak buah kapal yang terinfeksi corona. Selain itu juga ada sebanyak 20 penumpang yang terinfeksi virus corona dimana kapal ini saat ini berada di perairan California.

Akhir pekan ini seperti yang disebutkan Pence kurang lebih 3.533 penumpang serta kru  sebelum masuk ke dermaga kapal, mereka harus melalui tes kesehatan terlebih dulu.Jika memang perlu, semua awak kapal akan di tes dan juga dikarantina.

Ketika keluarnya hasil  tes sebanyak 46 orang penumpang pada hari Rabu kemarin,  diketahui kapal pesiar tersebut tengah melakukan pelayaran dari Hawaii dengan tujuan ke San Fransisco. Orang yang dites ditemukan adanya gejala terinfeksi virus corona.