9 Prinsip Inovasi yang Diterapkan Oleh Google

14

Gopi Kallayil seorang juru bicara di Google sering memberi presentasi dengan judul 9 prinsip Inovasi Google di berbagai konferensi di dunia. “Prinsip inovasi tidak hanya bisa diterapkan di Google dan bisa menguntungkan banyak perusahaan”.

9 prinsip itu adalah :

  1. Innovation comes from anywhere (inovasi datang bisa dari mana saja).
  2. Focus on the user, not profits (fokus ke pengguna bukan keuntungan)
  3. Think 10 times improvement, not 10 percent (pikirkan perbaikan 10 kali lipat bukan 10 persen).
  4. Bet on technical insights (bertaruh pada wawasan teknikal).
  5. Ship and Iterate. (ship products out to market early rather than wait until they are perfect. Product users will help you iterate by providing feedback to make it better) – jual dan ulangi (jual produk ke pasar lebih cepat dibanding menunggu sampai sempurna. Pemakai produk akan membantumu mengulang dengan cara memberi saran untuk membuatnya lebih baik).
  6. 20 percent time. Google employees are encouraged to spend 20 percent of their work time pursuing objects they are passionate about, even if they have nothing to do with their area of responsibility (20 persen waktu. Staff Google didorong untuk menggunakan 20 persen waktu kerja mereka untuk mengejar hal yang mereka sukai, meskipun itu tidak ada hubungannya dengan tanggung jawab mereka).
  7. Default to open. Make your work open to the world- ask for input and ideas from all users, Kallayil says “There are seven billion people. The smartest people will always be outside of Google.” (tetap terbuka. Buatlah hasil kerjamu terbuka kepada dunia – mintalah masukan dan ide dari semua pengguna, Kallayil berkata “Ada 7 milyar orang didunia dan orang-orang terpintar akan selalu ada di luar Google.”)
  8. Fail well. If you don’t fail often enough, you are not trying hard enough (gagal dengan baik. Jika kamu tidak sering gagal, kamu tidak berusaha cukup keras).
  9. Have a mission that matters (Memiliki misi yang berarti).

Nah itulah prinsip inovasi dari Google yang sangat menginspirasi.