8 Tips Menggunakan Kartu Kredit Agar Tidak Bengkak

14

Saat ini, kartu kredit tidak hanya menjadi ajang “gaya-gayaan”. Akan tetapi, menjadi bagian dari kebutuhan. Dengan kehadiran kartu kredit, semua rangkaian pembayaran jadi lebih mudah dilakukan tanpa khawatir akan ketersediaan dana tunai.

Apakah penggunaan kartu kredit sejatinya menjadi efisien dan mampu membatasi pengeluaran? Ini tergantung dari penggunaan kartu kredit itu sendiri.Tak jarang, mereka yang menggunakan kartu kredit memiliki pengeluaran yang lebih besar dibandingkan dengan pendapatan mereka. Lantas, bagaimana caranya agar tagihan kartu kredit tidak membengkak?

Berikut adalah panduan cerdas dalam menggunakan kartu kredit agar tidak membengkak.

1Waspada! Jangan Asal Transaksi

Ketika Anda menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, perhatikan terlebih dahulu di mana Anda akan melakukan transaksi. Jual beli online misalnya. Sebisa mungkin untuk memperhatikan secara detail tentang lokasi transaksi, biaya, dan pin kartu kredit. Disarankan untuk tidak menggunakan aplikasi untuk menjaga keamanan kartu kredit Anda.

2Jaga Keamanan Data

Jangan pernah memberikan data-data yang ada kaitannya dengan kartu kredit Anda. Lebih lagi, jangan percayakan tentang pin kartu kredit bahkan memberikannya kepada orang lain.

3Teliti Terhadap Tagihan

Langkah selanjutnya dalam menggunakan kartu kredit agar tidak bengkak adalah dengan meneliti seluruh bon tagihan. Perhatikan tanggal, waktu, hingga rincian pengeluaran apa saja yang dibayarkan menggunakan kartu kredit tersebut.

4Tanda Tangan di Balik Kartu

Jika Anda memiliki kartu ATM, Anda akan diminta untuk membubuhi tanda tangan di balik kartu tersebut. Begitu juga halnya dengan kartu kredit. Tanda tangan demikian juga berlaku sebagai tanda pengenal kartu.

5Musnahkan Kartu yang Tidak Dipakai

Jangan berpikiran bahwa kartu kredit yang tidak dipakai sudah tidak valid. Dikhawatirkan bila kartu kredit tersebut masih memiliki masa aktif dan dapat digunakan dalam bertransaksi. Lebih lagi jika kartu itu sudah berpindah tangan dan nama Anda masih tertera jelas di sana sebagai pemiliknya. Alamatlah, Anda yang akan membayar tagihan atas nama Anda tetapi bukan untuk Anda. Oleh karenanya, musnahkan kartu kredit yang sudah tidak ingin digunakan lagi.

6Manfaatkan Promo dan Reward

Cara agar tagihan kartu kredit tidak bengkak bukan hanya sekedar menjaga keamanan dalam menggunakan kartu kredit tersebut. Anda dapat memanfaatkan promo dan hadiah-hadiah dari beragam acara yang melibatkan transaksi kartu kredit. Anda juga dapat memanfaatkan sistem penukaran poin untuk mendapatkan penawaran menarik.

7Pikirkan Kebutuhan

Kebanyakan orang secara sadar memanfaatkan kartu kredit sebagai sarana pembayaran. Namun, tak sedikit dari mereka yang khilaf dalam menggunakan kartu kredit tersebut. Saking mudahnya bertransaksi, membuat mereka terus menerus menambah beban hutang mereka. Untuk menghindari hal ini, pastikan terlebih dahulu tentang apa saja yang menjadi kebutuhan Anda. Cobalah untuk memilah apa-apa yang disebut sebagai kebutuhan dengan mencatat apa yang akan dibeli. Setidaknya ini akan memudahkan Anda untuk bijak dalam menggunakan kartu kredit Anda.

8Bayar Tagihan Tepat Waktu

Seperti yang sudah diketahui bahwa keterlambatan pembayaran tagihan akan diberlakukan adanya denda. Lebih lagi, denda tersebut akan dipengaruhi oleh jumlah pemakaian. Meskipun denda keterlambatan pembayaran dikenakan sebesar 3% dari tagihan, ini akan mempengaruhi jumlah tagihan Anda seluruhnya. Semakin besar tagihan, maka hitungan denda juga akan semakin membengkak. Untuk itu, jangan sekali-kali mencoba untuk terlambat membayar tagihan kartu kredit.

Nah, itulah ulasan mengenai cara menggunakan kartu kredit agar tidak membengkak. Lakukanlah tips tersebut agar Anda dapat mengontrol pengeluaran secara bijak.